Tourette

>> 4 Desember 2009

Aku abis nonton film “Front of Class” di TV, film lama si mungkin keluaran sekitar thn 2005-2006. Ga nyangka film jadul kaya gitu bisa bikin aku nangis bombay..

Ceritanya tentang cowok yang punya penyakit sindrom Tourette, untuk kalian yg belum tau sindrom ini semacam kelainan gangguan syaraf di otak yang bikin penderitanya melakukan gerakan2 yang ga kekontrol, kaya kedutan di mata or wajah, nggelengin leher, garuk2, mbunyi2iin gigi terus2an, batuk2, ato mengeluarkan bunyi aneh kaya bunyi bebek ato kaya anjing menyalak, bahkan ada yg sampai terus2an ngeluarin sumpah serapah ato kata jorok (ada istilah kedokteran khusus buat ini tapi aku lupa). Jadi ini semua ga kekontrol, ga bisa brenti, mereka melakukan berulang ulang ulang ulang tiap beberapa detik sepanjang hidup mereka. Semakin mereka gugup, frekuensinya jadi makin sering.Dari film tadi, katanya si belum ada obatnya, ga tau kalo sekarang yah..Moga2 dokter2 or psikiater sekarang uda ada yg bisa nemuin.

Kira-kira kalian mau ga kalo tuker tempat sama mereka? Mereka sering dikucilin, diusir dari tempat2 umum, kaya restoran, bioskop, tempat golf (kebetulan di filmnya orgnya lumayan kaya, jd bisa golf. Hehe..). Yang suka party2 n kongkow2, dijamin ga bakal mau tuker mungkin mending dilairin jadi Pat Kay (tokoh babi di cerita Sun Go Kong yang sering banget reinkarnasi ke bumi karena pernah bikin salah di kahyangan) daripada harus njalanin kehidupan menyedihkan kaya gitu. Bahkan mau ujian aja mereka juga sering dikeluarin dari kelas karena dianggap ngganggu konsentrasi peserta lain. Tapi, yang bikin film ini hebat banget deh, si cowok lakonnya namanya Brad Cohen, diceritain dari kecil dia ga pernah mau nyerah ma penyakitnya ini. Ibunya kekeuh masukin dia ke sekolah biasa, seperti yang kalian duga dia diejekin ma temen sekolahnya tapi kepala sekolahnya ngajarin dia biar tetep PD karena kalo dia uda bisa nerima kekurangan dia sendiri, orang lain juga akan nerima dan menganggap itu hal biasa.

Si Brad orangnya keras kepala, pengen banget jadi guru SD. Dia gigih nglamar macem2 sekolah SD, selalu gagal di tahap interview. Ya iyyalah, yang ngewawancara langsung ngerasa keganggu begitu dia ngomong “Iya Pak, ck..ck..kwak..kwak.. Saya seneng sekali Bapak manggil ck..ck..kwak..kwak.. saya.. Tolong Bapak ck..ck..kwak..kwak..kasih kesempatan buat ck..ck..kwak..kwak..saya..”. Pewawancara langsung bingung orang kaya gini, pengen jadi guru? “Gimana anda mau ngajar kalo anda aja cacat, gagap kaya gini?”. Waktu pertama2 gagal, Brad masih semangat ‘45. Tapi setelah sekolah kesekian nolak dia dengan alasan yang sama, Brad down banget, dia ampe nangis di mobilnya. Bahkan nangis pun dia ga bisa lakuin dengan sempurna..makin dia nangis makin dia kesedak gara2 ck..ck..kwak..kwak-nya.

Tuhan itu adil, karena Tuhan memberi Brad keluarga yang luar biasa. Ibu bapaknya selalu nyemangatin dia, adek cowoknya selalu siap ngajak berantem sapa aja yang ngejek kakaknya.. belum lagi keluarga besarnya, yang ga pernah nganggep kekurangan Brad itu masalah, temen sekamarnya juga malah sering nyomblangin dia biar Brad cepet dapet pacar. Mungkin ini obat yang paling manjur buat penderita Tourette, dukungan dan kasih sayang dari orang2 terdekatnya, mereka butuh orang yang nerima mereka apa adanya..

Karena dukungan ini, Brad ga nyerah.. Brad coba lagi ngelamar berpuluh2 sekolah. Dia mikir “Bukan aku yang salah, aku cuma belum nemu sekolah yang tepat. Itu aja..” Akirnya ada juga yang manggil dia buat interview lagi, kepala sekolahnya baik banget, ngeliat Brad sebagai pribadi utuh bukan cuma kulit luarnya aja. Benernya Brad orgnya humoris, suka bikin org ketawa. Kepala sekolah sampai cekikikan 2 jam denger banyolan si Brad. Setelah ketemu guru2 lain, mereka mutusin kasi kesempatan ke Brad. Amazing, Brad diterima jadi guru SD!! Ibunya ampe nangis terharu biru dikabarin Brad lewat telpon.

Singkat cerita, akirnya Brad mule hari pertamanya ngajar. Dia uda nyiapin berbagai alat bantu kaya gambar lucu2, foto masing2 murid ditempel di kelas, kelinci idup buat peliharaan kelas, ampe outfit dia buat ngajar kaya topi bajak laut, mahkota2an, dsb. Anak2 pertamanya bilang dia aneh, wierdo tapi Brad terima dengan lapang dada. Dia malah buka sesi pertanyaan tentang sindrom Tourette, hampir semua anak nanya dan dijawab dengan memuaskan oleh Brad. Akirnya, anak2 bisa ngerti kalo penyakit ini bukan keinginan Pak Guru Brad, sama aja kalo qt kena sakit flu, cacar, ato kanker.. Seandainya semua orang dewasa pikirannya bisa sesimpel anak2, mungkin penderita Tourette ga perlu malu lagi keluar rumah. Brad gampang banget mencuri perhatian anak2, semuanya seneng diajar ma dia. Ampe mereka semangat tiap hari ke sekolah.. Mereka juga diajak Brad jalan2 keluar sekolah buat nambah pengetahuan. Tapi emang ada juga si orang tua yang minta pindahin anaknya ke kelas lain, karena pengen anaknya belajar “normal” diajar guru yang “normal” pula. Brad ga peduli, the show must go on..

Brad makin PD, dia ikut program mak comblang di internet. Ketemulah ma Nancy, cantik dan bisa ngobrol asik ma Brad tanpa terganggu ma ck..ck..kwak..kwak-nya. Nancy bisa ngeliat inner handsome-nya Brad. Yang lucu waktu mereka mule pacaran, di deket kolam mereka mau ciuman. Uda deket banget bibirnya, tau2 KWAAK..!! Ketawalah mereka berdua ga brenti2, Brad langsung cinta mati ma Nancy..

Ga nyangka usaha Brad dihargain oleh sekolah, kebetulan ada tim penilai yang nyurvei ke sekolah2. Ngliat sistem ngajar Brad yang bikin muridnya aktif dan pinter, dia dinobatin jadi guru terbaik di kotanya.. Di pidatonya, Brad bilang paling berterimakasih ama Tourette-nya karena Tourette ngajarin dia buat belajar nerima keadaan, belajar nglanjutin hidup, dan belajar ga pernah nyerah. Kayanya nasib bagus ga brenti disitu, Brad akirnya bisa nyelesein S-2, nglamar Nancy dan mereka merit taun 2006.

Kalian harus nonton deh, karena yang bikin nangis itu justru dialog2nya.. Maafin aku ga bisa nggambarin kata2nya.. Aku cuma pengen sharing kalo benernya orang cacat juga pasti punya banyak kelebihan, mungkin selama ini qt terlalu naïf mandang dunia cuma dari lapisan terluarnya aja, qt ga pernah tau banyak emas, intan, berlian yang ada di dalamnya kecuali qt mau menggali lebih dalam.. And u know what? Cerita tadi based on true story, Brad Cohen emang tokoh nyata dan hidup di Atlanta, Amerika sampe sekarang..

2 komentar:

Anonim 3:51 PM, Desember 18, 2009  

Hi..waktu msh kecil saya jg menderita tourette.namun sejak kecil saya sdh melatih pengendalian diri sedemikian rupa shg sampai sekarang sama sekali tidak mengganggu aktivitas saya.

Mintje 6:02 PM, Desember 20, 2009  

@anonim: Hai lam knal,kagum deh ma org2 yg ga prnah nyerah ma ktrbtasan..mg2 smua org trmsk ak bs bljr dr Brad dan km.. Salut!

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP