Buayaku Sayang Buayaku Malang

>> 4 Desember 2009

Obyek penderita dalam topik kali ini adalah buaya.. Eit, bukan istrinya Pak Aya lho.. bukan juga lelaki buaya darat yang bikin Maia Estianty tereak “BUSYEET! Aku tertipu lagi..” , bukan juga metafora untuk Cicak vs Buaya yang lagi naek daun tapi asli binatang buaya...

Buaya emang bukan hewan imut2, yang bisa mancing naluri keibuan qt terpanggil buat mbelai2 dia. Boro-borooooo!.. Mungkin dia masuk Top Ten List buat kategori hewan paling dibenci. Saingan ma ular ma ulet bulu. Tampangnya aja serem, pipinya chubby, badannya bantet, giginya berantakan ga di-behel, seandainya ada Dogibu (dokter gigi buaya), staon praktek pasti langsung kena stroke. Stres! Kulitnya kasar banyak tonjol2an, kukunya panjang2 melengkung ga ada yang mau kasi voucher mani-pedi di salon2 terdekat. Qeqeqe, enough for the description.. kalian semua taulah buaya kaya apa bentuknya.

Tapi kalian tau ga kalo buaya itu aslinya binatang monogami? Aku juga taunya dari nonton TV dan baca2. Buaya kawin cuma sekali seumur idupnya, aku tergelitik aja mbahas mengenai spesies yang mule terancam punah ini soalnya tiba2 ada tukang roti baru lewat depan rumahku pake motor boks, yang jingle-nya “Roti Buaya Roti Kura-Kuraaaa!!!”. Jingle yang aneh.. dari jauh2 aku keluar rumah ngliat roti macam apa pula ini. Ternyata dari kaca boks di motor sang penjual keliatan ada roti buaya. Iiih, lucu banget. Jarang2 kan? Mestinya di sebelahnya ada roti kura2, tapi ketutupan badan si buaya. Kalo gedean kura2nya, pasti jingle-nya jadi “Roti Kura-kura, Roti Buayaaa!!!” Wekekekek… Aku jadi pengen berbagi info kalo selama ini buaya tu difitnah abis2an gara2 ada istilah buaya darat..

Orang2 banyak yang beranggapan binatang buaya tukang gonta-ganti pasangan padahal sekali buaya punya pasangan dia bakal melakukan hubungan terlarang itu ya cuma ama istrinya, ada kasus buaya jantan dipindahin dari habitatnya, dia ga kawin2 lagi ampe dia dipertemukan lagi ma istrinya. Ooowitcocuiiit..

Bahkan orang Betawi kalo nikah, bawa hantaran roti buaya. Ini lambang kesetiaan.. Kadang ada yang bawa 2, satu roti buaya gede, satu rotinya kecil. Ini perlambang setia sampe anak cucu. Jaman dulu katanya rotinya ga enak, ga ada isinya dan keras. Tapi sekarang teknologi uda maju, yang bikin roti pada pinter2 roti buaya sekarang isinya macem2 ada coklat, nanas, dsb. Asal ga isi buaya beneran aja, tamu kondangannya dijamin kocar-kacir. Xixixixi..

Aku menduga istilah buaya darat diambil dari kelakuan buaya sungai yang emang ganas nyaplok mangsanya. Buaya darat juga ganas nerkam “mangsa” kan? Katanya si buaya sungai juga doyan kawin ma istrinya, ampe anu-nya buaya dipercaya bisa meningkatkan vitalitas pria. Maybe that’s why.. mereka jadi dituduh pelaku poligami.. Ga tau juga ya apakah buaya sungai jantan itu merupakan anomali, dia setia pada berbagai buaya betina..wakakakak. Tapi kalo buaya secara umum, emang asli monogamers..

Oia, sekilas info beberapa taun yang lalu aku pernah ke Samarinda. Aku diajak ke daerah Sangatta, markasnya buaya2 gede. Lumayan jauh si dari Samarinda.. Di sana ada rumah yang melihara buaya, buaya-nya ditaro di bak tegel. Ga ada kurungannya sama sekali. Buaya-nya bersih, sering dimandiin. Rumah itu banyak anak kecilnya, ga ada satupun yang takut ma buaya tadi. Ceritanya, waktu buaya itu masih kecil banget dia suka nongkrong deket rumah panggung si pemilik rumah. Uda diusir2 tetep aja nongol terus, ampe pemiliknya ngimpi2 didatengin buaya nekat tadi. Luluh lah mereka sekeluarga, si buaya diadopsi jadi anak paling bontot. Katanya kalo malem2 buaya itu suka nangis, keluar aer matanya. Sekarang buayanya uda lumayan gede, ada kali' 2 meter-an. Aku lupa naro file fotonya dimana, ntar kalo ketemu insya Allah aku add. Kalo ga salah, kata mereka di malam2 tertentu buaya tadi berubah jadi cewe.. Wuiiiih, sereeeeem!!.. Aku langsung mandangin si mbak2 buaya ajaib dengan takjub, tapi aku buru2 sok bego waktu dia mandang balik. Takut aja ntar dia ngomong : “Apa lo liat-liat?!”..

0 komentar:

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP