Lady Rain

>> 8 Desember 2009

Sore2 menjelang maghrib.. langit mendung, hawanya enak niy ga panas. Tau2 Jeger! DUEER! Dewa petir mampir ke bumi. Cahayanya juga menerangi ruangan kamarku. Fiuuh, kaget.. buru2 aku tutup jendela dan korden kamar. Tes tes tes... Gerimis deh, semakin mantap aku pastikan jadwal bobo manisku kupercepat malam ini. Mumpung suasana mendukung..enak buat molor, adem2 gemanaa getoh.. Tiba2 keinget chorus dari lagu jadul yang dinyanyiin grup musik Australia : “Indecent Obsession”, langsung aku nyanyikan dengan nada Iwan Fals dan Doel Soembang

Lady Raiiiin.. (dengan nada tinggi suara tikus kejepit)
I hear you at my window
Lady Raiiiin.. (nada tinggi suara tikus ketangkep perangkap)
I need you softly falling on my face
Why did the sunshine come and take you away?
I’d wait for you again... my Lady Raiin..

Wait a minute.. ga cocok dong ya untuk soundtrack kali ini? Di rumahku, baru aja turun ujan sementara isi lagu ini artinya ujan baru aja brenti. Ga masalah, kalo penyanyi profesional kaya aku bertanggungjawab untuk menyanyikan lagu sampai tuntas. Kalo gitu, ntar aku nyanyiin lagi abis ujannya selesai deh, biar lebih pas. Aku masih punya stok suara dengan nada tikus njerit2 lagi ngelairin kok..

Lima belas menit kemudian.. tunggu punya tunggu.. manyun punya manyun, si Lady Rain bukannya brenti malah Bressss! Huwaaaa.. deres banget, angin juga kenceng nusuk pori2 hidung. Hmm.. bau tanah, seger.. Tapi kalo ujan ga brenti2 kapan dong diva kaya aku manggung? Kan aku mo nyanyi.. Uuugh..

Sembari nungguin ujan brenti, otakku langsung mengembara kemana2. Aku mikir mas2 penyanyi lagu Lady Rain pasti benci banget ma pawang ujan. Kebetulan sekarang emang lagi musim ujan sekaligus musim kawin. Banyak banget janur kuning melengkung dimana2. Aku jadi keinget ma obrolan dengan beberapa temanku, ada yang bilang kalo di daerah qt polanya lagi ujan bentar brenti.. ujan bentar brenti.. trus ujan terus.. berarti ujannya lagi berantem ama si pawang. Malah ada yang bilang kalo pejabat or artis lagi hajatan pas musim kaya gini, mereka bisa nyewa pawang ampe 50 juta! Weeew, kayanya kerja sampingan jadi pawang ujan menggiurkan juga.. Seru juga kalo ntar nickname-ku berubah jadi Mintje si Pawang Hujan Imut..

Tapi katanya ga sembarangan orang bisa jadi pawang ujan, harus ngelmu dulu. Benernya mereka bukan mbrentiin ujan, tapi cuma mindahin aja.. Biar kata “cuma mindahin”, kudu sakti. Coba aja ‘orang biasa’ melototin ujan ampe jereng, mana mau ujannya pindah? Yang ada malah kelilipan, kemasukan aer. Kalo aja aku bisa mindahin barang2 dengan kekuatan pikiran, aku pindahin tuh roti2 Bread Talk yang baru mateng masuk ke dalam rumahku. Hihihi..

Dari beberapa sumber, banyaaak banget ritual si pawang sebelum jadi sakti mandraguna. Kebanyakan aliran Kejawen, ada yang ga boleh nyentuh air (minum, mandi, wudhu) selama beberapa waktu. Kalo suatu hari kalian manggil si pawang, ternyata pawangnya aga dekil dan BB berarti dia penganut aliran ini. Qeqeqe, pisss! Ada yang berendem alias kungkum di sungai2 yang dianggap mengandung magis. Ada juga yang puasa ngebleng (ga makan, ga minum, ga tidur) ato ziarah ke makam dulu, minta ilmu dari orang2 yang sudah meninggal sambil merapalkan mantra2 was..wes..wos.. Padahal, kalo qt pikir2 orang yang sudah masuk kubur mana bisa bantu kita yah? Kemungkinan yang bantu dia adalah jin atau setan. Emang budaya orang Indonesia masih berbau mistik dan klenik. Nah, tapi ada juga aliran untuk orang Muslim katanya si pake sholat hajat, wirid2 dan zikir tertentu. Tapi wallahu’alam kebenarannya.. Kalo aku yang bikin acara di musim ujan bakal pasrah aja, ga repot2 manggil pawang abis ga punya duit siy. Hehe..

Yang lebih unik justru ritual menjelang pengusiran ujan, ada yang ngelempar CD (maap, celana dalem) yang punya hajat ke atas genteng. CD-nya harus yang uda dipake sekali, misal acara kawinan berarti CD penganten cewe yang dikorbanin, tapi jangan yang uda berhari2 ga dicuci buu! Emang ujannya dijamin minggir, tapi laler yang nyerbu. Bwahahhaha.. Oia, CD-nya juga jangan banyak2 cukup satu saja. Lagian ngapain juga banyak2? Sekalian aja buka lapak di atep rumah.. Seribu tiga,seribu tiga!

Nah,ritual lainnya yang aku tau lebih manusiawi niy.. ngelempar nasi sekepel ma garem ke genteng rumah bagian tengah. Kenapa mesti tengah? Kalo ke pinggir2, ntar nasinya ngglundhung (menggelinding) nimpa tamu kondangannya. Kan ga lucu..

Dari www.pesta.org ada info bahwa pada saat Pembukaan Olimpiade di Beijing tahun 2008, yang dihadiri oleh 60 kepala negara termasuk presiden Amerika GW Bush, cuaca sangat cerah dan acara berlangsung secara spektakuler dan sukses luar biasa. Padahal sebelumnya, badan meteorologi China telah memprediksi 47% akan turun hujan dan 6% hujan lebat. Bahkan sepanjang hari itu dan hari2 sesudahnya, di Beijing dan kota2 tempat dilangsungkannya pesta akbar Olimpade hujan tidak turun. Apa tuh resepnya? Mungkin ga sih seluruh cewe di Beijing ngelempar CD bekas mereka ke genteng2 rumah secara massal? Wakakaak...

Tet toot ! Salah. Jawabannya gini..untuk memastikan supaya hujan tidak turun dan mengacaukan seluruh pesta Olimpiade, pemerintah China menyiapkan 7000 meriam penangkis udara, 4687 peluncur roket dan pesawat2 ringan. Semua peralatan tempur itu bukan untuk menghadapi pasukan musuh yang menyerang dataran China, tetapi untuk menghadapi awan pembangkit hujan yang akan menyerbu Beijing dan kota2 tempat pertandingan Olimpiade diadakan.

Jika ada awan yang mencoba mendekati Beijing, maka meriam2 penangkis udara akan menembakkan peluru yang berisi garam yodium, dimana garam itu akan mengikat butiran air di awan menjadi jenuh dan hujan turun sebelum sempat mencapai Beijing. Jika tahap pertama gagal, peluncur2 roket digunakan. Jika awan2 itu masih membandel, jurus yang terakhir adalah menerbangkan pesawat ringan langsung ke dalam awan pekat untuk menebarkan katalis pembentuk hujan. Dijamin hujan pasti "bablas angine" dan menyerah di tengah jalan sebelum sampai ke Beijing.

Rupanya cara yang ditempuh pemerintah China ini sangat ampuh, dan terbukti bahwa Olimpiade di China dicatat sebagai ajang olah raga dunia yang termewah dan termegah dalam sejarah - tanpa diganggu oleh turunnya hujan.

Kalau saja para pawang hujan dari Indonesia dikasi kesempatan mendemonstrasikan kesaktiannya di hadapan Presiden China, mungkin saja pemerintah China bisa mempertimbangkan untuk memakai metode kita, dengan perhitungan penghematan biaya dibandingkan dengan pengoperasian ribuan meriam penangkis udara, peluncur roket ataupun pesawat udara. Murah meriah, tapi hasilnya oke lho! Cuma pake tumbal CD doang, Hehe..

1 komentar:

Unknown 2:51 PM, Desember 09, 2009  

para 4..trully mince,tantekyuuu....

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP