Kopi Darat

>> 21 Desember 2009

Yippieee! Seneng deh abis ditelp ma seorang temen lama, dah lama banget ga kontak2an. Jadi kangen pengen ngobrol2 secara live. Kabar terakir dia lagi mau melancarkan aksi kopi darat dengan sahabat pena-nya. Wekekek, jadul abis ! Ga deeng.., bukan sobat pena tapi dia lagi dijodohin ma sodaranya dikenalin ma someone from Borneo island. Jauh pisan euy.. Orangnya uda mule nelpon2 dan arahnya pengen ketemuan langsung. Temenku ini ragu2, dan sebagai penasihat spiritualnya sejak dulu kala aku diarepin bisa kasih saran. Padahal sang penasihat juga dah lama banget ga kopi darat ma orang terkasih, maklum sekarang kalo mau kopi darat tinggal nelpon nanya “Mas, balik jam berapa ntar?”. Fufufu...

Dag dig dug..jedug..jedug.. Kopi daraters kalo mau ketemuan pasti deg2an, boong kalo ga. Benernya kenapa si namanya kopi darat? Mungkin pertama kali pelaku nya ketemuan di warung kopi, yang namanya warkop pasti ada di darat kan? Kalo someday ada warkop di laut dan udara pasti namanya berkembang jadi kopi laut dan kopi udara.. Suamiku langsung ga terima, dia njelasin kalo kopi darat asal muasalnya dari kebiasaan para breakers yang suka calling2an lewat saluran radio amatir tertentu, populer disebut ngebrik.. Salah satu istilah yang sering dipake ma breakers ya kopi ini.. “Disini elang botak, kepada kuntul jabrik.. Kuntul jabrik, bisa di-kopi? Ganti..“ Wekekek.. Kurang lebih gitulah, begitu elang botak ma kuntul jabrik mutusin ketemuan tatap muka lewat jalur darat, nahh.. ni dia baru yang namanya kopi darat. Jadi curiga nih, suamiku paham beneer dunia breakers..“Hayoo Mas, kamu dulu suka ngebrik yah? Kamu yang jadi elang botak pa kuntul jabrik?”. Wakakakak..

Kebetulan yang sangat kebetulan, beberapa minggu ini aku lagi dicurhatin beberapa temen2 yang laen yang mau kopi darat juga. Dikira aku jago kopi darat kali ya? Padahal ketemu suami aja gara2 sekantor. Itu aja 2 taun lebih ga ngeh ada makhluk spesies supercuekus mukadatarus yang bakal nemenin aku bobo. Bwahahaha.. Huk..Uhuk-uhuk ampe batuk..

Berdasarkan pengalaman jadi kopi daraters dan mak comblangers, aku pengen berbagi ilmu yang aku tau.. Jadi calon2 kopi daraters yang bertebaran di muka bumi ini bisa tau kisi2 dari GBHP (Garis2 Besar Haluan Perkopidaratan) ala Madame Mintje. Moga2 setelah baca jadi ga salah arah (apa justru makin menyesatkan yah? hehehe..). Silakan intip disini...

Rules No.1 : Don’t expect anything!!!!

Peraturan ini dikasi tanda pentung yang banyak karena ini kesalahan fatal yang sering dibuat para pelaku kopi darat. Sebelum ketemuan uda berimajinasi, mengembangkan khayalan tingkat tinggi.. Yang ditemuin pasti cakep minimal senyumnya manis bak gulali. It’s a warning, gals.. makin manis senyumnya makin rawan bikin sakit gigi eh sakit hati. Ngilu.. Belum lagi harapan tentang fisik yang sempurna, tinggi semampailah, kulit bersih, gigi rata, muka mulus, kalo ketawa renyah kaya krupuk abis digoreng. Kriuk!

Kenyataannya begitu ketemu, doeng! Orangnya pendek, begitu nyengir giginya emas semua, muka jerawatan dan kalo ketawa meringkik kaya kuda. Langsung kecewa berat, padahal kalo qt mau nyadar yang namanya cowo/cewe yang sempurna fisiknya (dalam arti kinclong kaya artis) kayanya jarang deh yang mau kopi darat. Gigiku juga miring2, rahangnya juga miring, muka berminyak komedoan, mata tipe ngantuk gede sebelah pula, kalo ketawa juga merem ilang matanya, ampe temen2 suka nggodain ninggal ngumpet pas aku ketawa. Untung idung yang komedoan ini aga mancung jadi bisa mbantu. Xixixi..

Makin qt fokus ma kekurangan qt, makin banyak orang yang perhatiin. Sebaliknya makin qt PD (bukan ke-PDan lho ya), orang jadi bisa ngeliat inner beauty qt. So, jangan menilai orang dari fisik doang, qt juga ga mau kan dinilai kaya gitu? Lagian yang ganteng ternyata perampok juga banyak kok. Sebaiknya emang ga ngarep apa2. Bismillah aja, kembali ke titik nol jadi qt bisa lanjut ke langkah selanjutnya.. ngenal kepribadian dia lebih dalem, biar tau cocok apa ga buat qt. Kalo ga suka ya gakpapa, ga harus semua orang di dunia ini qt suka kan? Untuk ngatasin calon pasangan yang qt ga demen, itu urusan belakangan..

Rules no.2 : Don’t believe your comblangers 100%..

Namanya juga lagi nyomblangin, pasti yang diceritain yang bagus2lah. Ibarat lagi dagang buah, masa’ yang busuk2 dikeluarin? Yang diceritain yang manis2 mulu.. “Bapak Ibu, ini buah semuanya enak buanget, dijamin maniez kaya saya yang jual, dagingnya tebel, aernya banyak. Bikin suegerr!”. Padahal dia tau dari mana buahnya manis semua kalo ga dia cicipin atu2? Lagian buah2 yang bonyok2 diumpetin dibawah kolong lapaknya tuh..

Teori ini sama aja ma kopi darat, comblangers cukup bilang orangnya baik, ga neko2, mungkin nilai plus tajir, tampangnya oke. Kalo dia uda promosi berlebihan ampe tau luar dalemnya, tau kalo pacaran ngapain aja, tau kegiatannya dari bangun ampe bobo lagi, wah..wah.. kayanya si comblangers pernah nyicipin eh.. macarin maksudnya. Hehe.. Yang paling mengenal pribadi seseorang ya orang itu sendiri, ga usah kepengaruh ma omongan comblangers. Tunggu ampe ketemu dan ngobrol jadi kalian bisa mutusin orang ini punya kepribadian yang nyenengin ato malah nyebelin. Tiap orang punya kelebihan dan kelemahan masing2, ga usah terlalu berbunga2 kalo comblangers bilang orang yang mau diketemuin ma qt adalah orang yang sempurna. Nobody’s perfect, honey..

Rules no.3 : First Impression is the most important

Kesan pertama ga bakal terulang terjadi cuma sekali, kalo 2 kali jadi kesan kedua doonk..
That’s why, wajib kudu musti jaga penampilan sebelum kopi darat. Sebelum ketemuan, sempetin ngaca dulu di kamar mandi. Bersihin tuh cabe2 yang masih nyelip di gigi, lagian banyak amat si cabenya.. Abis nyambel buu? Hihihi.. Ilangin kringet2 yang nempel, yang cewe2 perlu bedakan juga biar ga berminyak banget kaya abis lari maraton 7 kilo. Tipis2 aja, ga usah menor ntar kemenoran malah sang calon nanya ”Mau ngelenong, Mbak ?”. Waaah, gubrak! Rasanya dada kaya ditusuk bambu runcing jeb..jeb..jeb..

Jangan sampe BB, pake deodorant ato deo-lotion ato deo2 lainnya yang bisa ngusir bau ketek.. Baju juga pake yang bersih, ga perlu baru.. Rugi qt kalo belanja baju baru, sepatu/sandal baru, celana baru, kacamata baru, sikat gigi baru (lho?) cuma demi acara kopi darat. Iya kalo nyenengin, kalo nyebelin kan qt berat di ongkos. Dasar yang kasi saran ga modal..

Intinya, kesan pertama emang penting banget, tapi ga perlu berlebih2an. Contohnya kalo di film2, cewe yang ditunggu2 dateng pake efek rambut berkibar2.. kalian ga perlulah nyewa orang buat bawa kipas angin guuedhe cuma buat ngipasin rambut kalian. Ntar sang calon malah melongo aneh.. bukannya dapet poin untuk kesan pertama, malemnya malah kerokan gara2 masuk angin. Qeqeqe..

Rules no.4 : Just be your self

Ternyata si dia cakep banget euy! Langsung deh, kebingungan ngatur body language.. “Aduh gimana ni duduknya? Gimana ni ngomongnya? Gimana ni penampilanku?” Sejuta kata "gimana" langsung tuing..tuing.. bermunculan di kepala. Ga usah buru2 kawatir dia bakal ga suka ma qt, qt kan ga tau seleranya kaya apa. Sapa tau orangnya emang ga neko2, ga ada standar muka untuk pasangan yang dicari. Mungkin standarnya justru sederhana banget : Yang penting mukanya ga rata, itu aja.. Ya iyyalaaah...

Bahasa tubuh yang terlalu berlebihan, contohnya nggoyangin kaki terus2an sampe seluruh meja bergetar kayanya emang kurang oke yah. Jadi harus coba diilangin.. Belum lagi ngibas2in rambut pake tangan, ntar dia malah keinget anjingnya si Lassie dirumah yang suka ngibas2in telinganya.. Duduk juga yang tenang, jangan kaya cacing kepanasan.. takutnya disangka lagi wasir. Ngomong ga usah dibuat2, bibir ga usah dimaju2in, biasa aja apa adanya qt. Ambil topik obrolan yang ringan2 aja, ga usah curhat tentang betapa sedihnya ditinggal mati kucingmu sampe berurai2 aer mata. Everyone need a shoulder to cry on, tapi jangan kotorin bajunya pake ingusmu. Plis deh, ini kan baru kenal!

Rules no.5 : Stay alert!

Ga semua kopi daraters orang baek2, yang psikopat juga banyak. Ada cerita orang abis kopi darat malah dibawa ke hotel trus diperkosa. Bukannya nakut2in, cuma ngajak waspada aja. Jangan gampang percaya rayuan gombal. Apalagi kalo dia bawa minuman dari rumah yang ditawarin ke qt, suruh dia yang minum aja. Kalo perlu bawa jerigen isi aer mineral, taro di samping kursi. Hahaha.. Jika feeling qt uda ga nyaman waktu ngobrol kadang2 ada suara2 di kepala qt yang bilang “Kok ngomongnya gini sih, kok dia gitu sih?”. Suara2 itu bukan prasangka buruk tapi ngasi peringatan ke qt. Jadi jangan diabaikan gitu aja.. Begitu dia ngomongnya aneh dan vulgar, bahkan mule gerepek2 langsung tabok muka ato anu-nya dan walk out aja dari arena perkopidaratan.. Another tips : Pepper spray is a good weapon to protects ourselves. Jangan lupa, kalo milih arena jangan yang remang2 yah. Bisa ngundang syaithonnirrojiim..

Rules no.6 : Leave it to God..

Setelah acara kopi darat selesai, tinggal harap2 cemas deh. O’ow ditunggu2 kok ga ada kabarnya? “Apa gara2 aku ga cantik yah? Apa gara2 aku kentut yah?” Bukannya qt munafik ni, semua orang pasti buang angin tapi kalo ngentut pas acara kopi darat, jujur aja emang bisa ngurangin nilai. Hihihi.. Makanannya dijaga, jangan yang bisa bikin gas di perut. Salah2
duuut ! 99% bakal illfeel deh dia.

Kalo semua terbilang lancar tapi si dia ga menghubungi qt lagi gimana tuh ? It’s okay.. jangan langsung ga PD, ngurung diri di kamar berhari2. Mungkin dia ga suka ma gaya ngomong qt ato bahasa tubuh qt yang alami, obrolan qt juga ga nyambung. Ya apa boleh buat.. maybe he/she isn’t the one for you.. Ngapain sedih ? Qt pasrahin ke Allah SWT. Allah uda menuliskan jodoh buat qt, qt yang harus sabar. Masi buanyak manusia di bumi ini yang masi jomblo. Ga bakal keabisan stok deh, asal qt mau terus berdoa dan berusaha untuk mencari..

Selamat mencoba, untuk konsultasi lebih lanjut ketik REG spasi MINTJE kirim ke 8888.. Tapi bayar yah.. Hehe..


14 komentar:

irma 10:53 AM, Desember 22, 2009  

baca post yang ini jadi inget obrolan kita ma om andi dulu. apakah om andi yang jaim dan full manners bakal ilfeel kalo ketemu bahkan dapet istri yang pilekan, sering sakit perut, ngentutan, kalo makan belepotan kemana2 (kita banget gak sih mimin?!hehehe..) eh ternyata kok dapet istri dirimu..emang kalo jodoh gak bisa ditolak. makasih yah buat infonya...miz u

Unknown 10:56 AM, Desember 22, 2009  

aq ampe senyum-senyum sendiri neh sepanjang baca ni "kopi darat"....hehehe....
Oke juga neh saran2nya madame, baiklah khalow beghetho, SIAP LAKSANAKAN !!!!!!!!!!
*mow konsultasi neh, kapan madame ada waktu???
-sok pake janjian dulu gheto...-

Unknown 11:03 AM, Desember 22, 2009  

irma....
jadi inget kopi darat-mu dulu ama mas-mas kulkas, hwakakakkaaaa........

mintje 11:29 AM, Desember 22, 2009  

@irma: kasian yah bojoku dpt istri ga punya manner ky ak.untng ak g perlu nglwati tahap kopi darat dl,kl ga psti dia illfeel ga kecantol ma ak.qeqeqe..

mintje 11:42 AM, Desember 22, 2009  

@krucil: maw konsltasi? Emg situ punya duit brp? Caelaah,blagu bgt. Kpn aj bth shoulder 2 cry on,just call me.kl ga diangkt,brarti ak lg pup. Wekekek.. Btw,msh ga abs pkr dl irma kok mau kncan ma kulkas ya? Mgkn krn menyejukkan hati & tnggorokan. Bwahaha..

krucil 1:31 PM, Desember 22, 2009  

apa aja buat madame deh....kan klo tokcer, pelanggan puasss madame pun senang....
gak pake acara nangis2an kok, update cerita ajah...by phone yow....
@irma: gak kangen ma mas kulkas ??? dimana ya video-nya dulu, sapa yang simpen ??? kenang2an tuh ! hehe ;))

ikha 2:23 PM, Desember 22, 2009  

wadaw wadaw...kluar juga jurus boyo comblang nyee:)
pasti ini efek jadi konsultan slama bertaon2..ahli nian euy...
tp ada satu lagi liz, perhatikan tmn deketmu..soalnya biasany cowo yg tiba2 perhatian ma tmn deket kita biasanya tujuan akhirna ke ehmm..ehmmm, bisa ditebak lah, kekekekkekekk

Mintje 5:46 PM, Desember 22, 2009  

@ikha: Uhuyy! Kynya pngalaman pribadi neh ka'.. Itu ga msk aturan kopi darat tp ntr tips ini ada sekuelnya kok yg mbhs ttg tmn jd demen.. Ehemm.. Sapa tuh tmn qt yg dl "gigih" brjuang mendptkan dirimu? Inisialnya Ge Ge Ha,bukan? Wakakak..

Yiex 7:59 PM, Desember 22, 2009  

Allow adekkk nan mbelingers..qeqeqe
Brapa neh bea konsultasi?per jam/hari, g pake tiduran d sofa n suruh masuk lebih dalam-jauh ke alam bawah sadar qta to?hihi mang kang romy.Sptnya uda expertise.Eksperimen brapa dasawarsa tuw.
Still, i admit tips2nya lbh banyak manfa'atnya daripada mudharatnya.Sile lanjut aksi doctourw cinta nya. We'll vote 4 u sis!hahihehohu

ikha 10:53 AM, Desember 23, 2009  

asyeeemmm...awas yak!!
kalo soal kopi darat blom punya pengalaman seh liz, cuman kayaknya deg2nnya g jauh beda kyak kita mo ujian close book d :)), takut soal yg kluar g sesuai yg diapalin smalem, takut ngarepin belebihan eh realitanya g sesuai...cape deh. Tp namanya jg usaha, dapet yg bagus alhamdulilah, dapet yg aga boleng yah COBA LAGEE!!!

irma 7:43 PM, Desember 23, 2009  

@krucil: kok kamu masih inget tho?? ahhh... jadi malu neh. iya yah, masih ada gak ya rekaman mas2 kulkas berbau minyak nyongnyong ituh???? kayanya dulu di hapenya fifi yang ilang itu deh

irma 7:46 PM, Desember 23, 2009  

@mince: ye... yang kencan ma mas2 kulkas sapa.. cuma ketemu sekali doang kok, itu aja langsung ilfeel. mana gak mau bawain tas mudikku nan berat itu lagi. hehehe....

Mintje 8:33 PM, Desember 23, 2009  

Sebut saja namanya I (kpnjangan dr Irma), si korban kopi darat yg gagal total. Wakakak..

irma 9:51 PM, Desember 23, 2009  

untung gagal min. coba kalo beneran jadi. aarrrggghhhhh...... gak mau... duh, mudah2an ntar malem gak mimpi buruk, mimpi mas2 kulkas. amien...

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP