Mr. Coro

>> 4 Desember 2009

Kyaaaaa!!!!….Kecoaaaak!!!! Itu teriakan yang pasti terdengar kalo aku ngeliat makhluk yang satu ini. Namanya aja kecoa singkatan dari : Ke.. Keliatan sungutnya, Co.. Coklat Warnanya, A.. Ambil langkah seribu alias ngaciiiir!!

Bukannya mau diskriminasi dengan sesama makhluk Tuhan ya.. tapi aku emang geli, takut dan jijik banget ama kecoa/coro/lipas/cockroach/chucharacha ini. Mule dari nenek moyangnya yang bertahan hidup sejak 300 juta tahun lalu sampai cucu cicitnya yang ada sekarang. Mungkin karena bentuknya aneh, mengerikan, hidup di tempat kotor2, nyawanya ada lima ribu dipukul berkali2 pake sendal ampe kaki kepalanya ilang tetep aja masi idup. Belum lagi ada kecoa bersayap yang punya navigasi terbang yang handal. Sukanya terbang muter2 menclok2, hiyyy.. Pernah dulu aku nginep di rumah nenekku, pas lagi masuk ke kamar mandi tau2 kakiku ditemplokin ma binatang cabul itu. Amit2 deh, biasanya aku langsung teriak ngeliat batang sungutnya, ini saking kagetnya aku malah diem.. bukannya menikmati digerayangin tapi keringet dingin mau pingsan boo’! Tapi sempet aku ngerasain, kaki2nya yang bergerigi, tajem2 nusuk kulit. HUWAAAA!!! Setelah beberapa detik, untung aku langsung bisa nggerakin tanganku ngelempar tuh kecoa sekuat tenaga. Abis itu, aku baru tereak2 keluar kamar mandi.. Hihihi..reaksinya telat yah?

Tapi anehnya.. kalo semakin fobia ma sesuatu, jadi makin penasaran. Tanpa sengaja, aku bisa ngulik2 beberapa info tentang makhluk Tuhan paling ga seksi ini. Kata tanteku, kalo kita ngeliat 1 kecoa berarti ada 500 kecoa lagi sembunyi di sarang bawah tanah. Wow! Berarti kalo qt ngeliat 2 kecoa, ada 1000 yang lagi ngumpet, kalo qt ngeliat 1723 kecoa, berarti.. itung aja sendiri! Yang jelas kalo beneran ada kecoa segambreng nongol2 kalian ga bakal ngeliat aku dalam radius sejuta km.

Nah, ada lagi ni info yang lucu.. kecoa di Amerika nama latinnya Periplaneta americana (peri=pinggir, planeta=planet, americana=Amerika) artinya binatang yang hidup di pinggir planet yang ada benua Amerika-nya. Doeeng!! Yang ngasi nama uda bingung banget kali ga dapet wangsit, kalo aku yang nemuin aku namain Periplaneta jijikana artinya binatang pinggir planet yang menjijikkan. Xixixi.. Sorry, Mr. Coro..

Pas aku baca2 ensiklopedi Wikipedia tentang feromon, eh ada juga info tentang my enemy no.1. Katanya kecoa betina menarik lawan jenis dengan mengeluarkan zat periplanon-B. Konon senyawa ini dimanfaatkan CIA untuk menangkap mata-mata. Caranya, orang yang dicurigai dikenai periplanon-B dan ditangkap kalo beraksi dengan detektor kecoa jantan. Dijamin, kecoa jantan bakal tepat nemuin orang yang di bajunya uda dikenai zat feromon kecoa betina. Hmm.. kayanya bisa juga tuh, buat ibu2 yang curiga suaminya selingkuh. Cewe yang dicurigai disemprotin zat peri bla3x tadi. Sang istri uda siap dengan kecoa jantan di tangan, suami pulang langsung deh dilepasin. Kalo coro-nya langsung jatuh cintrong ma baju suami berarti suami abis nempel2 ma WIL-nya. Kalo coro-nya cuek beibeh, berarti boleh lega. Cuma ada 2 masalahnya, yang ke-1: mana qt tau mana coro cewe ato cowo? Liat aja uda males. Yang ke-2: sapa juga yang mau megangin coro sembari nunggu suami pulang? Wekekekek…

Eiit, tunggu dulu.. Karena ide gila tadi aku malah jadi pengen tau gimana si mbedain yang cow ma yang cew? Kebetulan, waktu ngeliat sekilas di Discovery Channel, ternyata kecoa jantan lebih besar dari yang betina. Ga penting banget yah? Dalam kondisi panik dikejar2 coro, ga mungkin ada orang sempet2nya bawa penggaris ngukur2 panjang yang mana. Sapa tau yang kecil cuma kecoa jantan junior. Tapi yang jelas di Amerika Selatan katanya coro pada gede2 ada yang sampe 6 inchi!! Buset! Aku cinta coro Indonesia deh.. Kalo ngliat coro segede itu bisa pingsan tiap hari.

Satu lagi ni, yang bikin tambah penasaran kenapa si coro sukanya nantangin? Kalo qt maju, dia ikut maju, begitu qt mundur dia juga maju. Tapi kalo qt ga gerak, dia juga diem. Benernya dia bisa ngeliat ga si? Aku juga ga tau, dari gerakannya si kayanya bisa. Mungkin juga dia punya sensor panas. Begitu dia mendeteksi suhu badan kita, dia langsung menuju ke sumber panas. Ato mungkin emang itu pertahanan diri yang diberikan Tuhan buat dia, bukannya takut ama musuh tapi justru dalam medan pertempuran, Mr. Coro langsung tereak : Seraaang!!! Atau matiiii!!!

4 komentar:

Unknown 4:41 PM, Desember 05, 2009  

hahaha, kacian banget si coro, mimpi ap semalem ampe dibahas segitunya...
tapi emang bener kok, coro tuh musuhnya banyak orang termasuk aq.
Aq aja neh, klo ada coro masuk kamar, aq langsung ambil sapu, trus pasang kuda2, posisi kayak pemain golf internasional sekelas Tiger Wood, siap nglemparin si coro jauh2,,,aaaannnddd.....HOLE IN ONE !!! HUAHAHAHA !!!!! *tertawa bahagia dan Puasssss, yang penting tuh coro dah gak kliatan batang sungutnya lagi.

Betewe, baca ini jd inget "Rico de Coro"-salah satu cerpennya Dee (Filosofi Kopi, 2006), dah baca blum? Yang ini critanya dari sudut pandang si coro-nya.

Mintje 10:15 AM, Desember 12, 2009  

Km punya bukunya cil?pnjem dong! Mungkin ntr abs bc, ak bs tmenan ama coro.he2..

irma 9:05 PM, Desember 23, 2009  

@krucil: terima kasih krucil untuk bantuanmu selama setahun padaku. setiap aku teriak 'kecoooaaa....huuuaaa....' sambil lari2 dan lompat2 di tempat (kaya olahraga gitu), kamu selalu sigap mengusir makhluk yang gak cakep itu. hehehe....

krucil 9:39 PM, Desember 27, 2009  

@mince : oke2..ntar klo ktemu aq bawain deh
@irma : sama-sama say...

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP