Hantu Dalam Negeri

>> 11 Desember 2009

Semalem aku abis ketemuan ma sepupu tercintaku. Dah lama qt ga ketemu ngerumpi2, terakir sms 3 hari yang lalu dia bilang suaranya abis karena flu. Alhamdulillah, semalem uda keluar bunyi2an dari tenggorokannya.. Qt langsung mbayangin aja, kalo dia nelpon aku waktu ga ada suaranya jangan2 yang kedengeran cuma bunyi kresek..kresek..kresek.. aaak..uuu..sssh..sssh.. Akibat kebanyakan nonton film horor, aku bakal ngira lagi ditelpon ma hantu. Kan biasanya hantu2 di film Jepang or Thailand suka nelpon korbannya. Jangan2 Sadako!(hantu di film The Ring). Hiiiy.. Mungkin Sadako liat iklan SLI 001 trus kepikiran nelpon orang Indonesia. Ngayalnya makin liar.. Aku bilang halo2, karena desperado sepupuku ntar cuma mencetin tombol2 hp-nya. Tit..tut..tut..toot.. Tambah serem aja. Aku pasti tutup telponnya. Kalo dia nelpon2 lagi langsung aku reject2. Hihihi.. Sepupuku bilang “Dasar! Ya ga mungkinlah..kalo suaraku abis kaya kemaren, aku pasti sms duluan!”. Wakakakak.. sapa tau pulsamu abis, Ran.. Piiss!


Padahal siangnya pas banget aku ma kakakku mbahas tentang dunia per-hantuan. Apalagi ditambah adanya rekaman penampakan tuyul di Bogor yang lagi heboh.. Dengan begitu banyaknya tayangan film horor lokal dan internasional beredar di pasaran, qt jadi pengen menelaah benernya yang mana si hantu yang asli Indonesia, orisinil. Katanya qt disuruh cinta produk dalam negeri, boleh dong hantu juga qt kenalin satu2. Jangan sampe kecolongan diklaim Malaysia lagi. Hehehe..

Dengan mengkompilasi berbagai sumber mulai dari
Wikipedia sampe blog www.tidakmenarik.wordpress.com ada info2 baru buatku tentang hantu2 Indonesia terpopuler :

1. Leak

Karena Bali uda
go international, begitu pula dengan hantu leak-nya. Hantu ini terkenal banget di Indonesia dan mancanegara. Dalam mitologi Bali, Leak adalah penyihir jahat. Le artinya penyihir dan ak artinya jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak. Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir. Ramuan sihir itu dapat mengubah bentuk leak menjadi seekor harimau, kera, babi bahkan motor! . Lumayan yah, gak usah kredit motor, wekekekek.. Bila perlu ia juga dapat mengambil organ dari orang hidup. Leak berkeliaran dengan kepala melayang2 dengan organ2 dalam tubuhnya menggantung di bawahnya. Lepas dari badannya. WOW!

2.Wewe Gombel

Wewe Gombel adalah sebuah istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang suka mencuri anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Konon anak yang dicuri biasanya anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan oleh orang tuanya. Wewe Gombel biasanya akan menakut-nakuti orang tua si anak atas sikap dan perlakuannya kepada anaknya sampai mereka sadar. bila mereka telah sadar, Wewe Gombel akan mengembalikan anaknya. Menurut cerita, Wewe Gombel adalah roh dari seorang wanita yang meninggal bunuh diri lantaran dikejar masyarakat karena telah membunuh suaminya. Peristiwa itu terjadi setelah suami dari wanita itu berselingkuh dengan wanita lain. Sang suami melakukan hal itu karena istrinya tak bisa memberikan anak yang sangat diharapkannya. Akhirnya ia dijauhi dan dibenci suaminya lalu dikucilkan sampai menjadi gila dan gembel. Disebut Wewe gombel karena kejadian ini terjadi di daerah
Gombel, Semarang. Tuh, para suami2.. jangan suka selingkuh ato nuduh istri mandul ntar dikejar wewe gombel lho! Jika qt berkendaraan dari arah Jatingaleh ke arah Banyumanik, maka akan terlihat bekas iklan bir bintang. Di situlah konon letak lokasi wewe gombel berada. Beberapa orang menyebutkan bahwa tempat tersebut adalah wilayah kerajaan hantu. Menurut cerita itu pula, hal itu yang menyebabkan sebuah hotel yang terletak di sekitar Bukit Gombel menjadi bangkrut.

3.Genderuwo

Genderuwo adalah sejenis bangsa jin atau makhluk halus yang berwujud manusia mirip kera yang bertubuh besar dan kekar dengan warna kulit hitam kemerahan, tubuhnya ditutupi rambut lebat yang tumbuh di sekujur tubuh. Genderuwo terutama dikenal dalam masyarakat di Pulau Jawa (orang Sunda menyebutnya “gandaruwo” dan orang Jawa menyebutnya “gendruwo”). Habitat hunian kegemarannya adalah batu berair, bangunan tua, pohon besar teduh atau sudut-sudut yang lembab sepi dan gelap. Pusat domisili makhluk ini dipercaya berada di Hutan Jati Donoloyo, kecamatan Sloghimo, sekitar 60 km di sebelah timur Wonogiri, dan di wilayah Lemah Putih, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo sekitar 60 km ke barat Yogyakarta.

4. Pocong

Penggambaran pocong bervariasi. Dikatakan, pocong memiliki wajah berwarna hijau dengan mata yang kosong. Penggambaran lain menyatakan, pocong berwajah rata dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat. Mereka yang percaya akan adanya hantu ini beranggapan, pocong merupakan bentuk protes dari si mati yang terlupa dibuka ikatan kafannya sebelum kuburnya ditutup. Meskipun pocong dalam film sering digambarkan bergerak melompat-lompat, mitos tentang pocong malah menyatakan sebenarnya pocong bergerak melayang-layang. Hal ini bisa dimaklumi, sebab di film-film pemeran pocong tidak bisa menggerakkan kakinya sehingga berjalannya harus melompat-lompat. Walaupun penggambarannya mengikuti tradisi muslim, umat beragama lain pun ternyata dapat mengakui eksistensi hantu ini.

5. Tuyul

Tuyul (bahasa Jawa: thuyul) dalam mitologi Nusantara, terutama di Pulau Jawa, adalah makhluk halus berwujud anak kecil atau orang kerdil pake cawet doang dengan kepala gundul. Penggambaran lainnya yang tidak disepakati semua orang adalah kulit berwarna keperakan, bersifat sosial (dalam pengertian memiliki masyarakat dan pemimpin), serta bersuara seperti anak ayam. Tuyul dapat dipekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri uang. Untuk menangkal tuyul, orang memasang
yuyu (sejenis kepiting kecil yang hidup di sungai) di sejumlah sudut rumah karena tuyul dipercaya menyukai yuyu sehingga ia lupa akan tugas yang dibebankan pemiliknya. Kejadian tuyul dipercaya berasal dari janin orang yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir. Karena berasal dari bayi, karakter tuyul juga seperti anak-anak: gemar bermain (seperti laporan orang melihat sejumlah tuyul bermain pada tengah malam, dsb.).

6. Sundel Bolong

Sundel bolong dalam mitos hantu Indonesia digambarkan dengan wanita berambut panjang dan bergaun panjang warna putih. Terdapat bentukan bolong (berlubang) di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ-organ tubuh bagian perut terlihat. Mitosnya, hantu sundel bolong mati karena diperkosa dan melahirkan anaknya dari dalam kubur. Biasanya sundel bolong juga diceritakan suka mengambil bayi-bayi yang baru saja dilahirkan. Harusnya semua orang2 yang pernah memperkosa dihantuin ama sundel bolong nih, biar pada kapok pok!

7. Kuntilanak

Sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik. Kuntilanak senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas. Kuntilanak sewaktu muncul selalu diiringi harum bunga kamboja. Konon laki-laki yang tidak berhati-hati bisa dibunuh sesudah kuntilanak berubah wujud menjadi penghisap darah. Kuntilanak juga senang menyantap bayi dan melukai wanita hamil. Dalam cerita seram dan film horor ditelevisi Malaysia, kuntilanak membunuh mangsa dengan cara menghisap darah di bagian tengkuk, seperti vampir. Agak berbeda dengan gambaran menurut tradisi Melayu, kuntilanak menurut tradisi Sunda tidak memiliki lubang di punggung dan hanya mengganggu dengan penampakan saja. Jenis yang memiliki lubang di punggung sebagaimana deskripsi di atas disebut sundel bolong. Kuntilanak katanya juga menyukai pohon tertentu untuk dijadiin tempat nongkrong.

Nah, gimana dengan hantu2 lokal lainnya? Rata2 terkenal di wilayah masing2 siy, tapi ga terlalu populer untuk diangkat jadi judul salah satu film horor di Indonesia. Tapi setelah
browsing2, aku baru tau kalo leak itu banyak kembarannya di negara2 Asia. Kalo di Thailand namanya “Kra-sue”, kalo di Filipina namanya “Aswang”, di Malaysia namanya “Penanggalan”, sama2 bisa mencopot organ dalemnya dari kepala. Di Indonesia aja, banyak hantu daerah yang pake metode kaya gini kaya hantu Kuyang di Kalimantan dan hantu Palasik di Minangkabau. Kalo pocong, khusus di negara2 yang banyak umat muslimnya seperti Indonesia dan Malaysia. Kuntilanak juga uda go international, di Malaysia namanya “Pontianak”. Tapi di sini jelas ga ada tuh vampir ato drakula, leprechaun, gremlin. Itu hantu2 asli luar punya..

Makin seru aku bahas ama kakakku.. Kira2 kalo siluman asli Indonesia ga? Kan
babi ngepet masuk kategori siluman. Masalahnya, di seluruh dunia yang namanya siluman uda ga asing. Di film2 China aja, banyak banget siluman rubah, laba2 sampe babi, belum di negara2 lain. Werewolf aja masuk siluman serigala kan? Sekarang suster ngesot, meskipun dia populer tapi aku pernah liat di film horor Jepang ada suster yang ngesot2 juga di RS. Jadi ini ga orisinil, entah qt yang niru2 ato mereka yang njiplak. How about kolor ijo dan buto ijo? Buto ijo masuk kategori gendruwo, mungkin sepupuan. Kemungkinan genderuwo ini asli Indonesia tapi penampakan sosok tinggi, gede, berbulu kan ada dimana2 cuma warna aja yang beda2, jadi belum pasti juga. Mungkin di negara lain ada buto kuning ato buto pink. Hihihi.. Kolor ijo masi ga jelas ni, katanya orang yang ngelmu trus punya kemampuan buat memperkosa cewe2 lewat mimpi. Masuk apaan tuh? Ga tau juga. Males deh kalo harus ngakuin hantu yang nyebelin suka merkosa malah asli Indonesia, qt anggep ga ada aja yah. Diskriminasi, hehehe.. Dari segala macem pertimbangan akirnya aku dan kakakku menyimpulkan kalo tuyul, wewe gombel, sama sundel bolong sepertinya memang hantu asli dari tanah air.. Meskipun kerjaan tuyul juga ga mulia, tapi mendinglah daripada kolor ijo. I hate rapist!..

Ni ada video iklan komersial dari Thailand yang nunjukkin kalo mereka bangga dengan produk hantu dalam negerinya, kapan qt nyusul? hehe.. Ga usah takut, lucu kok..




Aku juga punya temen namanya Anne Gresham di Filipina, dia nggambar hantu2 yang populer di negaranya. Check this out..



6 komentar:

Unknown 9:24 AM, Desember 11, 2009  

jackfruitghostnya dari taman lawang ya?wkwkwkwkwkwk...

ko bisa dapet video ini tante???lucuuuuuu....

Mintje 9:47 AM, Desember 11, 2009  

jackfruit ghost di seluruh dunia ada yah, tinggal buah yang dibawa aja yang beda2, bwahaha.. Ga tau, nemu aja.. hehe..

Unknown 12:00 PM, Desember 11, 2009  

huakakkakakaaaaa... oalah iklan lampu tho ???? lucuuuuu.....kreatip...
fifie^_^

irma 10:55 AM, Desember 22, 2009  

kira2 hantu anggur, klengkeng trus apel ada dimana yah? kalo yang itu mah mau lah ketemu... lumayan, disini buah2an mahal euy..

mintje 4:44 PM, Desember 26, 2009  

Brsn ntn upin&ipin, episode kali ini mbahas ttg tuyul. Waduuh!! Trnyta tuyul jg diklaim Malaysia. Segera inventaris wewe gombel & sundel bolong jd aset negara qt, hohoho..

krucil 9:39 PM, Desember 27, 2009  

mince mpe segitu khawatirnya yak klo hantu2 lokal pada digondol ke negri tetangga...
makannya nce, dibilangin tuh hantu2 kalo "rumput tetangga emang lebih hijau" biar mereka juga punya jiwa nasionalis Indonesia... n pada gak mau dijadiin TKH (Tenaga Kerja Hantu) di sana...

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP