Kuciang Kampiang

>> 5 Desember 2009

Bangun pagi hari ini aku melihat sesuatu yang membuatku berdoa: “Ya Allah, berilah aku kesabaran dalam menghadapi cobaan-Mu ini, ampunilah dosa makhluk-Mu yang telah melakukan perbuatan yang tidak menyenangkan bagiku. Beri dia petunjuk untuk meninggalkan kebiasaan yang merugikan orang banyak”. Kalian tau ga aku abis ngeliat apa? Aku nemuin seonggok kotoran kucing di depan pager rumahku..

Ha..Ha.. (*ketawa garing mode on*) mungkin bagi kalian lucu tapi kejadian tidak senonoh ini uda kesekian kalinya terjadi sejak aku pindah kesini.. Aku ampe pening deh, kayanya 1-2 minggu sekali ada aja kucing yang pup sembarangan di depan rumahku. Mau ngomelin kucingnya juga percuma, paling2 aku ngomel ma suamiku aja, hihihi.. Mungkin ada tulisan versi bahasa kucing di pagerku yang bunyinya : WC UMUM, Gratis Lho!..

Aku paling ga tahan liat kaya gituan, pasti langsung aku tutupin pasir, tunggu kering, sapu bersih, kalo perlu gosok2, siram2 TKP sampe ga ada bekas dan bau. Aku ampe tau metodenya menangani kasus padat or cair. Yuck! Pernah juga aku nangkep basah pelakunya lagi nungging2 mau buang hajat, langsung aku usir eh.. dia mah nyante aja cuma geser dikit. Benernya ga tega juga liat mukanya yang sok innocent, kayanya uda ga nahan tapi aku tega2in dorong pantatnya pake sapu. Dia pergi sambil ngliatin bete. Mungkin si kucing tadi nyumpahin aku. Bodo ‘ ! Biarin ! Weeek..

Padahal kalo kalian mau tau, dulu di Semarang aku cintaaa banget ma kucing. Kebetulan di rumah, kami melihara kucing namanya Tutul. Karena badannya tutul2, bulunya lebat kuning keemasan, buntutnya tebel banget, perutnya buncit kalo jalan jinjit sambil megal-megol. Lucuuu banget ! Kumisnya panjang sebelah, ceritanya gini.. dulu kakakku yang no.1 inisiatif pengen ngerapiin kumisnya, baru mau dipotong si Tutul gerak2 kepalanya. Kepotong abis deh yang kanan, nah ngeliat kumis Tutul jadi tragis gitu akirnya yang kiri qt selamatkan, ga usah diapa2in. Jadilah si Tutul hidup bertahun2 dengan kumis panjang sebelah, entah kenapa ga numbuh2 normal lagi.

Tutul hidup dengan kami sekitar 8 tahun. Kata orang, setaun umur kucing sama dengan 10 tahun umur manusia. Berarti Tutul 80 tahun dong, tua banget yah? Uda mbah2. Tapi ga keliatan tua kok, tetep ganteng, ga ada keriput sama sekali. Oia.. Tutul emang suka jinjit jalannya, kata dokter kemungkinan maminya Tutul kawin ma kucing hutan makanya Tutul mewarisi kaki kucing hutan yang kaki belakangnya lebih panjang dari kaki depannya, buat ngelompat tinggi. Tapi naluri kucing hutan sama sekali ga diwarisi Tutul, ga pernah nyolong ikan di meja, paling doyan maem seledri, ngelompat juga ga pernah tinggi2. Malah dulu waktu kecil pernah dia jatuh dari gulungan karpet, Mamaku njerit2. Ngeliat mama panik, Tutul tambah akting kakinya diangkat satu (mungkin beneran sakit) sambil bilang “Miuuuw” (kalo kucing kecil belum bisa bilang meong, hehe..). Uda deh, mama langsung nangis2 bilang Tutul kakinya patah.. Eh, abis dielus2 dikasi maem uda lincah lagi. Dasar artis!

Kami sekeluarga sayang banget ma dia, terutama Mama.. Sehari 3x dikasi maem pindang benggol (kata tukang sayur, ini rajanya pindang). Ampe kalo beli ke pasar, ibu2 suka komentar “Belinya banyak amat, Bu?”. Mama PD banget bilang “Iya buat kucing saya, doyannya yang ini”. Ibu2 di pasar pada ketawa getir “Di rumah suami saya juga doyannya benggol”. Kesimpulan : Berarti Tutul kaya suami ibu tadi ato suami ibu tadi kaya Tutul? Bwahahaha.. Tutul sekali maem 2 biji, gimana ga makin tambun? Karena gizinya terpenuhi, bodinya sterk, gede banget seukuran anak anjing. Mana belagu dia, kalo dikasi pindang yang kecilan, langsung melengos ngeloyor pergi. Kucing lain boro2 deh.. dapet tulang aja uda syukur. Tapi emang Tutul kucing yang nyenengin, kalo pup ma pis di bak pasir yang uda disediain. Kalo pasirnya basah (padahal bersih lho!), dia jijik sendiri minta bukain pintu pengen buang hajat di luar. Pernah dulu musim ujan.. Tutul kebelet tapi di luar ujan deres, Mama bela2in menyangrai (goreng tanpa minyak) pasir bersih yang lembab, pake wajan yang uda ga kepake, buat Tutul. Begitu pasirnya adem, langsung deh wes..ewes..ewes..

Aku selalu ngira Tutul masih jaka ting-ting, abis kayanya ga pernah keluar ma kucing cewe. Kata Papa, aku aja yang ga ngeliat benernya Tutul diem2 suka kelayapan kalo malem. Wah, ga nyangka ternyata Tutul terjerat pergaulan bebas! Tapi kayanya ga mungkin deh, dari tampangnya yang imut, lucu dan ga berdosa itu kayanya Tutul kucing baik2.. I believe you, Tul..

Banyak banget kenangan kami tentang Tutul, tapi tahun lalu dia sakit parah sampe muntah2 lemes ga mau makan. Belakangan juga pupnya sembarangan, uda ga kekontrol. Dibawa ke dokter hewan, dikasi obat ma diinfus biar sembuh tapi ternyata Tuhan berkehendak lain.. Tutul menghadap Sang Pencipta masuk ke surga kucing. Good cat goes to heaven, right? Aku dan kakak2ku nangis2, qt mbayangin Tutul di surga diladenin maem pindang benggol dan seledri sepuasnya, mungkin juga dia dapet kucing bidadari buat jadi istrinya. Malemnya kakakku yang no.2 mimpi Tutul bareng Mama bersinar naik ke atas. (Mamaku sudah lebih dahulu dipanggil Illahi tahun 2005). Katanya di mimpi Tutul jadi kecil lagi, imut2. Huhuuu.. jadi sedih.

Kalo inget Tutul yang baik kaya gitu, aku jadi heran kenapa kucing sini pada ga tau aturan yah? Di Semarang, kucing2 liarnya juga ga hobi pup sembarangan tuh. Padahal istilahnya di Semarang di kampung loh.. Disana kalo ada kucing masuk halaman orang dan si empunya nongol, langsung deh kucingnya ngibrit. Kalo disini, kucing2 tetangga malem2 pada seenaknya masuk pagerku bobo sampe pagi, kaya hotel aja.. Aku usir juga ga ngaruh, tetep aja dia duduk ngejogrok ngadep aku. Ih, plis deh! Rasanya pengen aku teriakin “Kuciang Kampiang!” Hehehe.. Mungkin daripada ngomel2, aku uda harus mulai nerima mereka apa adanya termasuk isi perutnya. Tapi tetep ada pertanyaan besar dalam hatiku, kenapa justru kucing2 metropolitan lebih kampungan dari kucing kampung? Ga ada jawaban lain selain “Meooong!!”..

2 komentar:

Tripzibit 9:12 AM, Desember 07, 2009  

Jadi inget sama tutul, sekarang tutul lagi ngapain ya?

Mintje 10:11 AM, Desember 12, 2009  

Kynya dia lg "pindang party" disurga..

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP