O.M.G.P.D.A !!

>> 16 Desember 2009

Pernah denger istilah “Malu adalah sebagian dari iman”? Pesan yang tersembunyi benernya sangat mulia bahwa qt harus menjaga harga diri qt. Cieeh, berat banget yah omongannya? Sayangnya, banyak yang menyalahartikan jadi qt harus malu dalam segala hal, malu belajar, malu bertanya, malu mengakui keterbatasan, akirnya.. malu-maluin deh!

Entah kenapa orang Indonesia pinter banget kalo disuruh ngejiplak, mungkin uda mendarah daging dari nenek moyang. Aku juga orang Indonesia asli nih, ga luput dari tindakan nyontek. Dulu (ampe sekarang deng..) aku paling ga bisa namanya nggambar. Jaman dari SD-SMA kalo ada pelajaran nggambar aku langsung panas dingin, bibir pecah2, tenggorokan kering, dan susah BAB. Hwakakak, saking parnonya ma nggambar..

Padahal di SD, aku punya temen baik.. Ayahnya guru les ngelukis yang aliran lukisannya mirip kaya Pak Tino Sidin. Beliau punya sanggar lukis yang cukup terkenal deket rumahku, aku coba belajar.. mestinya bisa dong Sang Maestro ngajarin anak kecil yang ga punya darah seni blas mengalir di tubuhnya? Kenyataannya, gen bicara laen. Aku tetep aja o’on dengan tangan yang kaku, lukisanku amburadul yang ayam jadi anjing yang anjing jadi kelinci, kacau deh. Hihihi.. Sementara makin dewasa, kakakku yang cowo makin jago ngelukis setelah tau trik2nya. Aku mule ngerunut2, mamaku emang ga jago gambar, tapi papaku bisalah dikit2. Jadi wajar kalo kakakku yang cowo bisa nggambar juga.. Aku kan nurun gen Mama. Wakakakak.., maksa..

Jadi kalo ada tugas nggambar, aku langsung ngejiplak punya temen ato dari gambar yang uda aku siapin sebelumnya dari rumah, entah itu nggunting dari majalah ato uda dibikinin sebelumnya ma temenku yang baek.. Malu deh, uda ngejiplak ampe keringetan tetep aja gambarnya jelek. Percuma, uda dosa tetep aja nilaiku 6. Huhuuu..

Aku baru nyadar kalo ternyata orang Indonesia emang suka banget niru, apalagi sesuatu yang lagi ngetren. Mungkin ini karena qt dijajah wong Londo ga tanggung2, 350 taun! Jadi qt uda ga punya jati diri lagi.. Liat aja sinetron2 qt, ternyata banyak banget yang ceritanya jiplakan dari sinetron Korea dan Jepang, atau Taiwan. Kalo niru tema si masih mending, kadang2 alur ceritanya juga mirip banget. Padahal, aku bukan penggila sinetron tapi kadang malu juga kalo ngeliat di surat2 pembaca majalah2 cewe yang isinya komplen kenapa sinetron A njiplak sinetron B dari Korea? Ato sinetron C yang mirip banget kisahnya ma film D dari Jepang.. Apa ga malu qt? Orang2 lain belajar bikin naskah dari nol, qt tinggal njiplak aj.. sinetronnya booming pula di Indonesia! Bener2 bangsa yang malu belajar..

Dua tahun lalu aku sempet belajar bahasa mandarin sekitar 6 bulanan, gara2 suka ma Meteor Garden. Ga penting yah? Wekekek.. Dari pertama qt uda dibekali dengan segambreng2 kosakata biar cepet inget. Puyeng si pertamanya, tapi seru juga.. Di balik satu kata Mandarin kadang2 tersimpan sejarah yang panjang, misalnya gini (ini diambil dari salah satu diskusi di forum Friendster mengenai Buddhism Indonesia) :
Kata Kong Hu Cu, berasal dari kata Confusius, Nama seorang filsuf China (551-479 s.m). Confusius adalah anak yang penuh cinta kasih. Nama aslinya adalah Qiu (baca : ciu tapi orang qt sering bacanya cu), yang di ambil dari nama gunung Ni Qiu. Nama Confusius adalah titel atas kebaikannya. Kong Fu Zi yang berarti Tuan Kong, karena beliau bermarga Kong. Sebutan itu di berikan kepadanya bertahun tahun kemudian dari 3000 muridnya.

Menurut legenda, ibunya sering bersembahyang di kuil kaki gunung Ni Qiu, terletak di timur laut distrik Qufu di negara Lu. Pada suatu malam setelah ibunya kembali dari sembahyang, dia bermimpi aneh, melihat kuda bertanduk satu yang sangat cantik, di sebut QILIN, sebuah lambang kepandaian, kebijaksanaan dan nasib baik, muncul dari tepi hutan, menggigit buku dari batu giok. Binatang itu melemparkan buku itu di kakinya dan kembali kehutan. Beberapa lama kemudian dia hamil, dan ketika bayinya lahir maka di namai QIU.

Bisa percaya ga, ternyata di balik satu kata Kong Hu Cu ada kisah kaya gini? Orang Cina dahulu kala memang menyukai filsafat, jadi banyak banget kata2 yang bersejarah. Mereka ingin kalo bisa semua ada artinya, ga sembarangan mencomot nama..

Sekarang ga usah orang Cina deh, tau ga asal kata “narsis” dari mana? Sering banget anak2 gaul bilang narsis..narsis.. Semua juga tau artinya ke-PDan, mengagumi diri sendiri secara berlebihan tapi aku yakin cuma dikit yang tau pasti asal-usulnya gimana.

Di Yunani, ada legenda tentang seorang cowok guanthenk (saking gantengnya..) namanya Narcissus, dia setiap hari berlutut di deket sebuah danau untuk mengagumi keindahannya sendiri. Ia begitu terpesona oleh dirinya hingga, suatu pagi dia jatuh ke dalam danau itu dan tenggelam. Di titik tempat jatuhnya itu, tumbuh sekuntum bunga, yang dinamain narcissus. Tapi ceritanya belum kelar, waktu Narcissus mati, air di danau tempat dia sering ngaca tadi berubah jadi asin. Dewi2 hutan nanya ma si danau, kenapa kamu nangis? Ternyata si danau menangisi Narcissus. Dewi2 itu ga heran, karena meskipun mereka belum pernah liat, Narcissus uda terkenal dengan ketampanannya jadi mereka menyangka si danau sangat kehilangan. Eh, ternyata danau nanya "Indahkah Narcissus ?". Dewi hutan langsung pada gubrak! "Lho, bukannya kamu liat dia tiap hari ? Kamu dong yang paling tau.." Danau terdiam beberapa saat, akirnya dia bilang "Aku ga pernah perhatiin keindahan Narcissus, tiap kali dia berlutut di tepianku, aku hanya melihat pantulan keindahanku sendiri di dalam matanya". Hohoho.. ternyata si danau lebih narsis! (Kisah ini diambil dari buku Sang Alkemis – Paulo Coelho).

Cerita untuk satu kata senjlimet itu, sementara qt tinggal pake. HaPe dari Hand Phone, Teh dari Tea, Kopi dari Coffee, Tahu dari Tofu, Televisi dari Television, Ikhlas dari Mukhlisin, belum lagi yang cuma beda2 tipis ato malah ga ngubah sama sekali kaya kata Foto, Profesional, Radio.. Enak yah tinggal comot sana comot sini, aku juga yakin benernya kata2 Indonesia banyak sejarahnya, tapi aku ga tau asal kata makan dari mana, tidur dari mana. Katanya malu bertanya sesat di jalan, tapi ditanya2 ga ada yang tau tuh, jadi makin tersesat deh. Hehe.. Sekarang kayanya justru kata2 serapannya yang lebih menonjol.

Qt emang paling ga mau dianggap bodo, kayanya malu kalo dianggap ga bisa bahasa Inggris ato bahasa lain, ndheso.. Jadi suka nyampur2 biar kliatan keren, liat aja Cinta Laura. Wuiih, populer abis ! Cuma gara2 : Hujian bechek, ga ada ojheck..

Ada orang yang cerita ke aku, waktu dia jumatan mesjidnya ndatengin pembicaranya impor langsung dari Pakistan, dari pertama ceramah dia pake bahasa Arab. Ya iyyalah, dia ga tau bahasa Indonesia. Buat dia bahasa Arab bahasa yang universal buat umat muslim. Yang ndengerin ceramah pada ngangguk2 takzim, ambil posisi tangan ditengadahin ke atas sambil bilang “Amin.. amin.. amiiin..” Oalah, ternyata mereka kira pembicaranya lagi ngajak doa bareng. Mungkin orang Pakistannya ndongkol kali ya, baru ngomong dikit uda disahut koor : “Amiiiin”. Bwahahaha.. Yang ini ni, malu mengakui keterbatasan.. ga bisa bahasa Arab tapi pada sotoy semua..

Pernah juga denger cerita di bis kota sekumpulan anak SMA yang gaul2 getoh, ngobrol pake bahasa campur ublek bikin puyeng. “Elo notice ga seh, cewe tadi pake cardigan uda old banget. Maunya vintage, tapi malah jadi gaya granny-nya tahun seventies. Uda gt celana-nya, O.M.G.P.D.A!! (Oh My God, Plis Dong Ah!) no way banget deh, kalo ada polisi mode pasti dia uda di-arrest.." Ampun lebay-nya. Nyerap si boleh aja tapi ga usah berlebihanlah. Berani taruhan pasti di sekolahan bahasa Inggris mereka nilainya jelek. Kalo yang ini namanya malu2in bangsa dan negara..

Simak aja, rambu2 ala Cincha Lawra yang aku ambil dari www.ketawa.com. Hihihi.. Biar qt nyadar makin hari qt makin kehilangan jati diri sebagai orang Indonesia..






0 komentar:

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP