2012

>> 4 Desember 2009

Sepulang dari dinas keluar kota, suamiku tercinta ngajak nonton film 2012, susah banget dapet tiketnya..ampe yang midnite juga bablas. Semakin susah justru makin penasaran, mestinya bagus doong.. Kalo ga, ga mungkin orang rela ngantri demi nonton film ini..

Alhamdulillah, akirnya qt bisa dapet tiketnya.. Itu setelah browsing mana aja bioskop yang muter 2012 ama ngecek jamnya. Karena suamiku lagi diluar rumah, sedangkan aku masih di rumah.. qt janjian nge-date di bioskop di salah satu mall. Qt ketemu jam 4an, ternyata ampe sana dari jam 5 ampe midnite uda ludes. Terpaksa nyari tiket di bioskop deket situ radius 1 km deh, dapet yang jam 19.45 (Thank God!!). Qt balik lagi ke mall sebelah buat mbunuh waktu sekitar…. 4 jam lagi. Hehe.. Pegel bodo amat, yang penting jadi nonton. Cihuyyy..

Film ini ngangkat tema hari kiamat.. Mungkin karena manusia itu pada dasarnya semua percaya bahwa suatu hari qt bakal kembali menghadap sang Pencipta, makanya tema2 kaya gini bener2 dinanti2. Contohnya The Independence Day ma The Day After Tomorrow jadi box office di berbagai negara (yang bikin juga sama, si Roland Emmerich, spesialis pembuat film kiamat dan bencana).

Diawali dengan cerita tentang bangsa Maya jaman dulu.. Mereka uda bisa ngramalin bahwa bumi akan kiamat pada tanggal 21 Desember 2012 (kok ga 20 Desember ya? Kan 20-12?). Ga tau itung2annya gimana, mereka bahkan punya numerology chart buat ngitung kapan terjadinya the doom's day.. makanya mereka melakukan bunuh diri massal. Mungkin mereka dapet wangsit or bisikan dari paranormalnya mereka..

Di film ini digambarin taun 2009-2012 uda ada tanda2 bumi mulai rusak. Kerak bumi mulai merekah dimana2, gempa terjadi berkali2 di berbagai belahan dunia..Karena yang bikin orang Amerika jadi fokusnya di Amerika. Dari taun 2009, ada ilmuwan di India yang mulai nyadar bahwa ini tanda2 kiamat. Dia ngontak temennya di Amerika, Dr. Adrian Helmsley (ahli geologi) buat ngecek langsung ke India karena ada peningkatan suhu yang ekstrim di perut bumi. Dan ternyata ini ga cuma kejadian di India aja, tapi juga di negara2 lain. Hal ini disampein ke Presiden AS yang langsung ngontak presiden2 negara lain buat nyari solusi bersama. Diputuskanlah, kalo emang mau kiamat ya que sera sera (yang terjadi terjadilah) tapi mereka mau nyelamatin spesies manusia ala Nabi Nuh, jadi mereka bikin bahtera yang gede banget (kalo ga salah 6 buah) buat nampung orang2 terpilih dan hewan2 terpilih.

Nah, masalahnya seluruh penduduk bumi ga bakal muat dijejelin di kapal gede tadi.So, tim pembuat kapal menjalankan misi diam2 biar manusia ga pada heboh, mereka takut bakal terjadi chaos dan anarkisme kalo manusia tau apa yang bakal terjadi. Yang mulai mengendus ada yang ga beres, buru2 dibunuhin biar ga pada ember.hehehe.. Kapal ini dibuat di China (or Tibet ya? Sori, lupa..) biayanya mahal banget, jadi mereka mule jual tiket ke kepala2 negara. 1 orang 1 milyar Euro!, ga heran kalo yang bisa daftar cuma negara2 kaya, ga ada adegan Presiden SBY ditelpon ditawarin tiket ma mereka.. Aku bilang ma suamiku kalo tiketnya aja mahal kaya gitu, orang Indonesia dijamin punah. Siapa orang Indonesia yang sanggup bayar kalo segitu? kaliin aja ma kurs Euro ke rupiah sekarang, angka nol-nya kebanyakan..ke laut aja deh. Bye2 Indonesian people. I love you full..

Singkat cerita, tahun 2012 ternyata kiamat terjadi lebih cepat dari yang mereka duga,. Efek dan animasinya kereeen, perlu diacungin 4 jempol, bikin qt bisa ngebayangin seremnya kalo bener2 terjadi.. Aku ampe merinding ngeliat gempa dimana2 , bumi ambles, gunung meletus, kebakaran, gedung2 luluh lantak, manusia uda kaya semut kelempar sana sini, kapal2 tenggelam, tsunami nyapu daratan. Astaghfirullah, jadi inget dosa2.. Betapa kecilnya qt di mata Allah SWT..

Back to the story, lakonnya si Jackson Curtis (Jon Cuszack) bisa nyelamatin keluarganya sampe ke bahtera tadi. Karena lebih cepat dari perkiraan, bahtera yang bisa dipake cuma 3 biji. Orang2 rebutan masuk ke dalem, kebayang deh paniknya kaya apa. Qt ngantri di busway aja suka dorong2an, apalagi ini uda masalah hidup mati.. egoisnya keliatan semua. Ya intinya.. begitu dah pada masuk, bumi dah ancur2an, tsunami menghantam bahtera ini. Mereka keombang-ambing sampe ke gunung Everest (semua lempengan dunia berubah, misal yang tadinya di Kutub Utara bisa aja pindah ke Indonesia). Tapi akirnya mereka selamet, biasalah film khas Amerika selalu ada cerita heroiknya jarang ada cerita lakonnya mati semua. Padahal kalo dipikir logis, ini kiamat gitu loh. Mana mungkin ada yang masi idup? Hehehe.. Finally, mereka2 yang selamet ini yang bisa meneruskan spesies manusia di muka bumi ini..and they live happily ever after..

Aku baca di Kaskus, Roland Emmerich yang sering bikin film kiamat banyak nggambarin bangunan2 bersejarah dan simbol2 agama yang hancur. Di film 2012 aja, ada adegan Kubah Besar Basilika Santo Petrus retak2 akirnya runtuh, Patung Kristus Penebus di Rio de Janeiro juga patah dan remuk. Gedung Putih hancur dihantam kapal waktu ada gelombang tsunami yang ngebawa kapal itu.. Tapi waktu di-interview Roland ditanya, kenapa ga bikin Ka’bah simbol umat Islam hancur? Ternyata, dia bilang pengen sih tapi dia takut kena fatwa umat Islam karena dulu pernah ada kasus penulis Inggris Salman Rusdhie kena fatwa hukuman mati akibat hujatan ke umat Islam dalam bukunya :”The Satanic Verses” tahun 1989. Hasilnya, penulis kelairan India ini terpaksa sembunyi sampai tahun ‘90an.

Yang aku bingung, fenomena 2012 ini uda menjalar kemana2. Karena kebetulan Nostradamus, peramal jaman dulu yang populer dengan ketepatan ramalannya (terbukti setelah beberapa ratus taun dia meninggal sih), juga pernah bikin catatan kejadian hari akhir terjadi tahun 2012. Orang2 pada ketakutan, infotainment pada mbahas, artis2 angkat bicara, jadi banyak yang percaya kalo hari akhir emang terjadi di taun segitu.. Bahkan katanya ni film ini sengaja dibikin taun sekarang bukannya ntar taun 2012 karena yang bikin takut kuwalat beneran kiamat. Sebenernya kenapa si pada takut 2012? Kok ga pada takut kalo besok ato minggu depan kiamatnya? Kenapa mesti percaya ma bangsa Maya ato Nostradamus? Ada bagusnya juga sih, orang2 jadi inget mati en tobat. Tapi apa ga salah tuh kalo percaya ramalan? Bukannya uda ada di Al-Qur’an kalo hanya Allah yang tahu kapan terjadinya hari kiamat. Bahkan malaikat aja ga tau.. Yuk, qt sama2 bertobat untuk kesalahan dari kita lahir sampai detik yang baru aja lewat, qt harus berbuat yang terbaik hari ini, karena siapa tau belum kiamat qt uda mati duluan, who knows?

0 komentar:

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP