Global Warming

>> 5 Desember 2009

Musim kemarau gini (ato uda musim ujan siy??) cuaca bener2 ekstrim panasnya.. Aku ampe bingung kadang baru jalan 2-3 meter, kringet uda ngucur segede2 jagung. Pertama aku mikir jangan2 aku mau pingsan ni, kok kringetku pada terjun bebas. Tapi kayanya aneh deh,kalo ga sakit ga pusing tau2 pingsan. Ato jangan2 aku mengidap penyakit baru kringetngucurinensis yang bermutasi dari ketekbasahinensis. Thanks to my deodorant, aku terhindar dari bau ketek dan tetep PD sepanjang hari. Kadang abis pergi, nyampe rumah tau2 uda kaya orang abis sauna. Kadang sehari aku ganti baju 3-4x, padahal dirumah doang.

Ini ga bisa dibiarin lama2, berapa juta tisu orang pake buat ngelap kringet mereka? Berapa juta pohon buat bikin tisu tadi? Berapa kilo deterjen qt pake buat nyuci baju2 ganti karena kringetan? Berapa watt listrik orang2 pake buat nyalain kipas angin ama AC nonstop? Saking penasarannya, aku ampe survey ke temen2ku dan kakakku. “Pada kepanasan ga si? Kringetan ga si?” Mereka semua njawab dengan antusias “Iya ni, panas banget. Jangankan keluar rumah, baru kelar mandi aja uda kringetan banget. Kadang kalo kelamaan di luar ampe kliyengan (pening)”. Survey ini dilakukan secara acak di seluruh wilayah Indonesia, dengan berbagai variasi responden mule dari umur, latar belakang pendidikan dan keimanan. Hehehe.. Kebetulan banyak temen2 yang di luar Jawa juga, jadi bisa ditanya2in. Dan ternyata, survey membuktikan : Indonesia akir2 ini mengalami peningkatan suhu yang ekstrim. Gila, dampak global warming bener2 kerasa taun ini.. Aku inget taun2 lalu pernah nonton berita di TV orang Eropa banyak yang meninggal gara2 suhu ekstrim, 30-32 derajat Celcius! Padahal buat qt suhu sehari2 juga sekitar segitu. Mereka kan biasa liat salju, jadi ga heran kalo mereka kepanasan dan ga kuat ngadepinnya. Aku jadi bersyukur dilairin di negara tropis, jadi lumayan tahan banting ama panas. Ada juga sih kasus meninggal di Indonesia gara2 kepanasan, orangnya lagi kipas2 nyebrang jalan ga liat2 kanan kiri, ketabrak truk deh. Hwakakakakak, becandaaaa..

Lucunya.. makin banyak ozon qt yang bolong2, yang bikin qt ngerasain hawa kaya sekarang, makin banyak usaha qt ngatasin panas dengan membuat bolongan2 baru di ozon. Mulai dari beli AC-lah, beli kulkas baru yang extra adem tanpa memperhatikan label non CFC-nya, beli mobil baru yang AC-nya bagus dan ga bikin qt kepanasan naek turun metromini, beli es krim buat ngademin badan, beli HP baru..bodo amat kringetan yang penting gaya, qeqeqe.. Kalo ntar diciptain motor pake AC kayanya jalanan qt ketutupan lautan pengendara motor deh. Di Indonesia kalo dikasi barang yang murah meriah, cihuy pasti laris manis.

Qt masih beruntung cuma kepanasan, bayangin beruang kutub yang rumahnya ilang karena es mencair, aku pernah baca kutipan di majalah National Geographic kurang lebih bunyinya kaya gini : “Beruang kutub sekarang tidak punya tempat untuk menapakkan kaki mereka, yang bisa mereka lakukan hanya berenang terus dan terus sampai ajal menjemput mereka”. Sedih banget ga siih? Apa cuma aku doang yang kesentuh ngliat makhluk hidup yang sama2 diciptain Allah jadi menderita gara2 ulah manusia? Itu baru beruang kutub, belum rusa kutub, anjing laut, penguin, dan temen2nya. Mungkin juga orang Eskimo kewalahan cari bahan buat igloo, karena uda pada mencair.

Aku emang bukan anggota Greenpeace ato WWF, yang bisa secara nyata ikut andil dalam ngatasin global warming. Aku juga ga anti kulkas, anti AC, ato anti tisu.. Tapi aku mule nyadar kalo aku harus mbatasin penggunaannya dan stop complaining about the heat.. Kalo dirumah buat ngelap kringet aku coba pake handuk, kulkas juga ga bolak-balik dibuka. Karena ternyata banyak energi kebuang cuma gara2 kebiasaan qt ngintip kulkas. Suamiku juga uda brenti ngerokok, alhamdulillah. Meskipun niat dia brenti bukan karena global warming si, tapi gakpapa kan? Xixixi.. Ga nyalain komputer kalo cuma ngecek imel ato nge-game doang. Belajar matiin TV dan lampu kamar kalo uda mule ngantuk. Jangan sampe qt bangun pagi, TV dan lampu masih nyala semaleman. Aku juga belum bisa si ngilangin kebiasaan pake plastik kalo lagi belanja, soalnya kantong plastiknya masih kupake buat kantong sampah. Tapi aku ma suamiku mule ngurangin belanja yang ga penting2 amat, disamping lebih ngirit juga ngurangin sampah. Banyak banget info supaya qt bisa hemat energi.. qt aja yang harus rajin nyari. Kalo bukan qt yang mule peduli, siapa lagi?

P.S : Tulisan ini dibuat sekitar bulan September 2009, ketika musim panas di Indonesia dan ga ada hujan setetespun mampir ke genteng rumahku..

0 komentar:

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP