Bad Hair Day

>> 4 Desember 2009

Gini ni nasib jadi cewe berjilbab yang males dandan, rambut sering dikucir jadi suka lupa kalo rambut benernya bisa numbuh tau2 suatu hari ngaca dan baru ngeh.. Oh My God! Aku gondrong!!!..

Karena kekawatiranku aku bakal berakir dengan rambut ala Mbah Surip, aku mutusin harus potong rambut.. Di daerah tempat aku tinggal ga banyak salon muslimah alias salon yang khusus cewe jadi yang berjilbab kaya aku bisa bebas keliaran dalam salon, aku juga bisa keramas dengan tenang ga harus was2 siap ngumpet dengan rambut basah kuyup kalo ada makhluk laki2 nongol. Tapi tetep bisa dicari kok, meskipun aga jauh juga dan rute bis kesalon itu rawan copet .That’s why, aku males banget kesana..

Tekadku uda bulat kaya donat, aku uda minta ijin suami potong rambut. Dia si mbolehin aja, yang penting masih ada rambutnya. Xixixixi.. Karena uda lama ga kesana, aku lupa nama mbak2 yang dulu pernah motong mahkota kepalaku dan hasilnya lumayan. So.. kali ini aku pasrah aja siapapun yang memotong rambut kesayanganku..

Mbaknya (entah siapa namanya), sebut saja namanya S (kepanjangan dari Si Mbak) nanya “Mau dipotong kaya apa, mbak?” . Aku langsung bingung “Aduh o’on ya tadi ga nyiapin mau model kaya apa, ngerti gitu aku tadi mampir ke tukang jual majalah beli dulu biar tau tren rambut terbaru thn 2009 kaya apa. Aduh gimana niiih??”. S bengong, aku langsung ketawa “Becanda mbaaak, aku kan jilbaban jadi potong model apa aja ga ngaruh. Pokoknya aku mau yang pendek banget soalnya gerah”. (Note : Sebelum dipotong, rambutku uda sebahu lebih dikit). “Pendek kaya apaan?” kata S. Aku bilang “Pendek, masih bisa dikucir dikit, yang cocok ma muka ku”. Kupikir aku uda detil yah, S nanya lagi “Yang cocok yang gimana mbak?”. Iiiiih aku ampe gemes, S harusnya tau aku kesana mau potong rambut bukan wawancara.. Tapi aku langsung nyadar mungkin S pernah diomelin orang gara2 salah potong ato S baru sebulan kerja di salon itu ato justru ini pertamakalinya S pegang gunting ma sisir. Hehehe..“Mbak, coba mbak potong dulu deh, ntar aku koreksi kalo ga pas”. Caelaah, kaya meriksa ujian aja pake dikoreksi.

Adegan 1, action!!

S mule potong rambutku di bagian belakang kepala.kres..kres..kres.. Aku uda ngerasain semilir angin sepoi2 menerpa leherku. Lebaaay… Aku uda siap2 bobo, S nanya lagi sambil nunjukkin cermin dari belakang bahuku, “Segini cukup mbak?”. Karena aku emang ga punya bayangan model apa, aku iya-in aja malah aku minta “Lebih pendek lagi deh mbak, nanggung”. “Ntar ga bisa dikucir?” kata S. “Ya gakpapa d, biar sekalian pendek, jadi aku ga harus sering2 nyalon lagi” (dasar malesss). Bertebaranlah rambut2ku di lantai, aku ikhlas kok jadi cuek aja sambil ngajak ngobrol S.

Adegan 2, action!!

Here we go, S mule ngerambah bagian samping kepalaku. Dia mule PD, dia bilang “Di layer aja ya mbak biar ga keliatan tipis”. (Note: Layer maksudnya di-trap. Ga tau trap juga? Wah, susah njelasin ma org ga ngikutin hair fesyen. Hihihi..Kalo trap maksudnya potongan kaya tangga yang berundak2. Please jangan tanya berundak itu apaan deh. Bahasa Indonesia dulu pada dapet berapa sih?). Skip untuk penjelasan yg makin njlimet soal layer, aku percaya aja ma S. Aku asik aja ngobrol sambil memandangi wajahku yang imut2 di kaca yang xtra large.. Aku bayangin kayanya asik juga ni punya kaca segede ini dirumah. Aku sambil ngebayangin suamiku yang baek hati itu mau beliin ga ya? Aku bakal bilang makin gede kacanya ntar aku makin cantik deh. Pikiranku uda melayang kemana2, sampe aku baru nyadar S uda kelar motong kanan kiri kepalaku. Do you know? Perkenalkan, aku Jimmy the Jamur.. Tiba2 aku jadi personel The Changcuters, tinggal pake celana kulit aja. Ga separah rambut batok siy, tapi beneran deh kaya jamur. Wakakakakkak… Aku ndongkol sambil cekikikan sendiri..

Adegan 3, action!!

“Mbak, ini rambutnya jadi mumbul. Bisa ditipisin ga?”. (Note: Mumbul itu istilah bahasa Jawa untuk sesuatu yang mengapung ato naik ke atas). S langsung cekatan tipisin rambut kiri, okelah meskipun tetep aga was2. Yang kanan mule dibabat juga. Kres..kres..kres.. aku mule berdoa tuh : “Ya Allah, moga2 potongan rambutku bagus, jadikan aku tetap cantik, kalo sebelumnya aku emang ga cantik ini saat yang tepat buat ngabulin doaku. Amin”. Aku ampe merem melek ga tega liat rambutku. Finally, tarraaa.. Perkenalkan, aku Manny the Mammoth di Ice Age. Kalian bisa bayangin ga? Rambut tipis di kanan kiri tapi mumbul di atas belah tengah. Asli kaya Manny! Meskipun syok, aku tetep ga ngomel, toh ini salahku juga ga bawa majalah buat contoh (kesalahan fatal!!). Aku mule mempraktekkan teknik pernafasan biar aku ga pingsan, sedot..hembus..sedot..hembusssss.. “Mbak, bisa ditipisin atasnya ga? Jadi aneh niy”. S langsung nipisin, tiba2 otak kreatifnya ngeliat rambut belakangku juga masih nggembung. (Note: Jangan tanya nggembung itu apaan d. Arrrgh.. Pelajaran bahasa Indonesia pada mbolos ya?) Dia langsung inisiatif nipisin belakangnya juga.. Tiba2 kanan kiri jadi ga simetris, yang kanan ditipisin lagi, eh.. yang kiri jadi ketebelan, ditipisin lagilah. Aku ngeliat ke bawah, rambutku uda nutupin lantai di sekitarku. Rambutku sayang..rambutku malang.. Aku pasrah aja, uda ga peduli. Kembali ke konsep awal, toh aku jilbaban ga ada yang tau juga. Cuma mikir kasian suamiku aja, dia uda mbayangin aku bakal cantik kaya bidadari. Maafkan istrimu ya Mas, tapi aku juga sedih nih.. kalo mau ngehibur aku dengan beliin kaca XL kaya gini, aku terima kok. Qeqeqeqe..

Adegan 4, action!!

Aku nerawang jauh, mandang kaca tapi pikiran ngelayang2. Kayanya kalo ga ditegur ma S, aku dah kesambet setan gunting .“ Mbak, dah selesai..masih ada yg kurang ga?”. Menakjubkan, transformasiku dari jamur ke mammoth diakhiri dengan potongan lumayan ala Yesha di Meteor Garden 2 (Note : Yesha itu tuh nama salah satu tokoh cewek cakep di MG2, saingan Sanchai, yang suka ma Tao Ming Tse, yang putri kerajaan lari dari negaranya. Ga tau yah? Makanya nonton dong.. Pelajaran Meteor Garden pada dapet berapa sih? Hehe.. ). Jadi, aku pulang dengan rambut baru yang bikin tampangku imut2.. Aku MMS-in ke suamiku, dia bilang aku tetep cantik. Uhuuuy, ya iyyalah istrinyaaa..

Tuhan emang selalu ada, bahkan Tuhan juga nemenin dan ngabulin doaku waktu aku uda putus asa di salon. Hihihihi.. Aku langsung bilang makasih ke S berkali2.. Dia ga tau, aku ngucapinnya tulus banget dari hati yang paling dalem. Dia uda nyelamatin aku dari reinkarnasi jamur dan mammoth..

Fiuuh.. Alhamdulillah akirnya aku potong rambut juga setelah 6 bulan. Ringan banget, lega banget, fresh!

3 komentar:

Anonim 10:03 AM, Desember 06, 2009  

untung aja tuh si mba S masih punya energi dan effort utk ngerjain lagi mpe berkali2. Kalo aku yg jadi dy, aku stop aja mpe potongan ala changcuter.. trus blg aja,"emang mbak dateng ksini bayarnya brp kali?1x aja kan? ya kalo mo minta dipotong lagi ya bayar lagi..(muka melengos)qiqiqiqi.. sabar ya mbak S

Unknown 3:39 PM, Desember 09, 2009  

hmm..untung ajya rambut yang dipotong rambut tantekyu..jd,mba S yang motong brp kali pun gpp lah....demi tantekyu gitu lohhhh

Mintje 10:19 AM, Desember 12, 2009  

Bnrnya untng jg yg motong bukan km ran,dijamin salonnya cpt bangkrut mempekerjakan tukang cukur ky km yg galaknya na'udzubillah..qeqeqe

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP