Manusia Rata-rata

>> 30 April 2010

Dari hati yang paling dalem, tersimpan jiwa kompetitif dalam diri manusia. Mungkin karena asal muasal terjadinya manusia berasal dari kompetisi sengit jutaan sel sperma yang berlomba2 menuju sel telur. Hehe..

Aku tiba2 ngomong gini setelah ngobrol2 ma kakakku, qt mbahas seumur hidup kami selalu menjadi “manusia rata2”, yang ga pernah menang lomba2 dari yang bergengsi ampe yang ecek2. Lomba maem krupuk aja ga pernah lolos audisi, gara2 suka kesedak pas maem krupuk dengan brutal.

Inget banget waktu masih TK, ada lomba nyusun balok. Balok2 kayu warna-warni dengan berbagai bentuk ditumpuk di satu titik, yang disebut titik A. Anak2 yang berlomba diharapkan bisa berlari membawa balok2 yang berserakan di sekitar titik A, satu persatu menumpuknya kembali sesuai urutan semula di titik yang telah ditentukan, yaitu titik B. Kurang lebih jaraknya 50 m. Semua anak di kelasku dapet giliran. Tiba giliranku, aku dengan 4 temanku yang lain bersiap2 di lintasan lomba. Guruku memberi aba2, Bersedia..siaaap.. Yak!

Secepat kilat kami berlarian sambil membawa balok masing2, di kepalaku uda kebayang urutan baloknya dari atas kebawah “segitiga biru, balok kuning, kubus merah, balok hijau”. Aku pasti menang, aku pasti menang! Baru satu balok berwarna hijau berhasil aku taruh di titik B, semua orang bersorak sorai “AYO..AYO..AYOOOO !!! “. Terdengar riuh rendah tepuk tangan dan jeritan dari teman2 sekelasku dan para orang tua murid menyorakiku, yang uda melesat ke posisi pertama. Sementara teman2ku masih kocar-kacir bingung milih warna apa. Ga disangka2, gemuruh tepuk tangan ini bukan menyemangatiku, tapi justru bikin nyaliku ciut. Sewaktu balik hendak mengambil kubus merah, aku semakin ngeper ngeliat banyak orang memandangiku, tiba2 aja aku nggelesor di tengah2 arena. Demam panggung pertamaku. Dan tebak yang aku lakukan? “HUWAAA…!! Mamaaaaa!!”. Aku menjerit ketakutan sambil nangis2 ga karuan. Aku takut banget, orang2 pada nyorakin. Mungkin waktu itu kupikir orang2 pada nyuruh aku brenti kali’ ya. Di rumah ga pernah diajarin kalo disorakin harusnya seneng. Hihii.. Namanya juga anak kecil booo’ ! Maklum dong, masi dongo'..


Ada lagi kisah konyol waktu aku masi kelas 6 SD. Waktu itu ehem..ehem..bukan sombong neeh, suaraku “lumayan” bagus. Aku ikut paduan suara dan kepilih ngewakilin sekolahku untuk ikut lomba nyanyi solo tingkat SD se-kecamatan. Wah, latianku bener2 ekstra keras. Kadang2 guru kesenianku suka menculik aku dari pelajaran, biar bisa latian. Suaraku yang kategori sopran, direncanakan mbawain 1 lagu daerah, 1 lagu nasional. Latian oke, guruku optimis sekolah qt bakal ngerebut gelar juara.. Ternyata, boro2 menang, juara harapan aja ga usah diarepin deh. Apakah yang terjadi?

Di hari H, aku uda siap2 fisik & mental bahkan berdoa!. Untuk ukuran kelas 6 SD, aku jarang banget berdoa.. hehe.. Namaku dipanggil, setelah semua siap sambil baca bismillah aku mulai menyanyikan lagu pertamaku.. Nada pertama sampai chorus siip-lah, setelah di tengah2 aku mulai menyadari bahwa seluruh peserta, guruku, dan juri2 bermata tajam bahkan Mamaku ada disana. Semua ngeliatin aku. Mentalku goyah, aku mulai keringat dingin. Seiring meluncurnya keringat segede kacang atom dari jidatku, meluncur pula nada2 yang meliuk2 dari mulutku. Aku sampe nahan nangis, takut banget ngecewain guruku. Tapi aku ngerasa minimal aku harus nuntasin lagu ini walaupun aku yakin uda ga ada yang minat denger suara biola rusak. Suaraku naik turun, bergetar acak2an. Kalo Yana Yulio, vibrasinya menggetarkan jiwa, vibrasiku malah bikin audiens ngerasa aku nyanyi lagu nasional sambil goyang vibrator. Lagunya jadi ancur lebur, nada2 tinggi yang kulatih berminggu2 bersama guruku buyar sudah. Selesainya lagu yang kubawakan juga menandai kandasnya impianku jadi penyanyi sekelas Uthe. Demam panggung keduaku..


Sambil terkikik2, aku dan kakakku mengenang masa2 memalukan qt. Meskipun di tubuh kami mengalir darah yang sama, tapi kami beda banget soal lomba. Kalo aku selalu demam panggung, apalagi diliatin ama orang yang dikenal, kalo dia selalu ingin ada orang terdekat yang kasi dukungan. Pas SD ato SMP dia pernah lomba nyanyi juga, duet ma sobatnya. Sampe disiarin di RRI (Radio Republik Indonesia), gilee.. jaman itu RRI uda ajib banget. Cuma tetep aja buat dia itu bukan prestasi membanggakan, tau kenapa ? Kami sekeluarga ga ada yang nonton dia, entah Mama lupa ato sibuk. Wekekek.. Pokoknya ga ada satupun yang datang men-support dia, dia jadi bete & manyun sepanjang nyanyiannya.. Hasilnya, dijamin ga menang...

Btw, aku pernah menang lomba nasyid deng, pas acara semacam pesantren kilat waktu kuliah. Hepi banget tuh, sekali2nya menang lomba. Tapi.. ehm.. anggota nasyid-nya 5 orang tuh. Itu boleh diitung sebagai kemenangan pribadi ga? Hawhawhawhaw..

Maen ke rumah temen2ku yang di lemari pajangannya berjajar piala2nya, dari lomba matematika, cerdas cermat, lomba masak, lomba nari, lomba nyanyi, ngelukis, puisi, karaoke, dsb, aku ngerasa jadi “the biggest loser”, pecundang abad ini. Manusia dengan kemampuan rata2 (bahkan cenderung minus untuk menggambar dan nari), manusia yang riwayat hidupnya standar abis. Kalo semua orang jadi kelinci yang berlari secepat angin, aku jadi kura2 yang berjalan lambat keberatan tempurungnya.

But, heeyy.. kenapa mesti dipikirin? Toh, Allah menciptakan manusia dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Kalo ga ada manusia berotak standar kaya qt, semua orang jenius jadi rata2 donk. Lucu aja ngeliat orang yang ampe sedih banget jadi manusia rata2. Padahal kalo mo nengok sana sini, begitu banyak manusia rata2 bertebaran di muka bumi. Bagus siy, ngeliat ke atas buat motivasi lebih maju, tapi kalo harus cum laude kaya si Itu, harus dapet kerja yang bonafit kaya si Ini, harus buru2 punya pacar n nikah kaya si Anu, harus bikin pesta mewah kaya si Unu, harus cepet punya anak kaya si Inu. Weew.. pake standar orang laen terus, bisa stres qt. Tiap orang uda ada jalannya masing2, dan semua orang bisa jadi pemenang dalam berbagai hal.

Nih ya.. kalo dipikir2 aku tetep pemenang kok. Dulu aku menangin hati Mamaku buat beliin aku baju baru, aku menang cepet2an bo2 ma suamiku, menang banyak2an komedo ma temen2ku..Hwakakak.. Lagian kaya yang aku bilang pertama2 tadi, proses lahirnya qt ke dunia ini bisa terjadi karena satu sperma dari ayah qt ngalahin jutaan sperma yang berebut mendapat tempat di sel telur ibu qt. The day you were born, you were a winner. Jadi, kalo suatu saat kepikiran qt itu pecundang dan ga bisa apa2, ga usah sedih deh.. karena itu ga bener..

0 komentar:

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP