Psst.. Jangan Bilang Sapa2 Yak..

>> 15 April 2010

Mau tau gosip sekampung? Tanya aja ma tukang sayur (yang suka mangkal di dekat perumahan dari kampung setempat). Ga percaya? Buktiin aja sendiri, pasti semua tukang sayur seluruh Indonesia jadi tempat curhat dan partner gosip dari ibu2 langganannya. Hihihi..

Begini ceritanya, aku lagi belanja seperti biasa di tukang sayur deket rumah, kebetulan dia mangkalnya di perbatasan antar RT jadi banyak tetangga dari RT lain yang aku ga kenal suka belanja disitu juga. Sebut aja namanya si T (kepanjangan dari Si Tukang Sayur). Kebetulan banget ada mbak2 tetanggaku yang bawa anak, belanja bareng ma aku. Tapi duluan dia selesainya, setelah dia pergi aku cuma berduaan tuh ma si T. Tiba2 si T dengan muka prihatin mandang ke arah mbak2 tadi..bilang ke aku “Kasian mbak, anaknya lair ga normal”. “O gitu”, kataku cuek sambil milih2 kangkung yang gemuk2 batangnya. Si T ga puas karena tanggapanku dingin, mungkin dia pikir infonya kurang menarik jadi aku cuek beibeh. Dia nerusin “Iya mbak, uda 2 kali lairan kaya gitu semua”. “O ya ya ya..”, aku tetep ga fokus ma omongan si T, karena sibuk mencet2in daging ayam yang dia bawa. Kayanya si T jadi tersungging, baru kali ini dia nggosip partnernya ga asik. Akirnya malah keluarlah cerita kumplit dan riwayat hidup dari A sampe Z tentang mbak2 malang yang tadi yang dirangkum dalam bahasa super cepat ampe si T ngos2an ceritanya. Aku pikir uda kena musibah, kok malah diomongin yah ?. Aku jadi ga tega, buru2 aku bayar. Sebelum aku ngeloyor pergi, si T bilang ”Psst.. Mbak, tapi yang tadi jangan bilang sapa2 yak”. Yee.. lagian sapa juga yang minta laporan berita dari dia..

Sambil masak, aku jadi senyum2 sendiri teringat kejadian ma si T. Bukan gara2 cerita tentang mbak2 yang jadi korban gosip, tapi geli aja ma perilaku manusia. Yang tanpa sadar aku sendiri juga sering ngelakuin itu.

Pernah tuh,aku dan temen2 ngobrol bertiga. Tau2 salah satu dari temenku nyeritain gosip dari temenku yang lain, yang lagi ga bareng qt. Terakirnya, selalu keluar kata2 pamungkas ”Eh, yang ini jangan bilang sapa2 yak. Soalnya aku dibilangin dia kalo ga boleh kasi tau sapa2”. Aku bilang ”Lhoh, katanya ga boleh bilang sapa2. Barusan kok bilang ke qt ?”. Abis ngomong gitu, aku ketawa sendiri. Apalagi jawaban temenku polos “Yah, kan kalian bukan sapa2, bukan orang lain jadi gakpapa”. Meledaklah tawa qt bertiga menyadari kebodohan qt sendiri. Aku tambahin aja “Kalo gitu, yang aku cerita rahasia2 kemarin semua pada tau donk?”. Kata temenku “Ya gaklah, kalo rahasia loe dijamin aman deh. Gue ga berani cerita2in”. Huuh, janji2 surga..

Abis itu qt ketawa kepingkel2 ampe sakit perut. Tapi dipikir2 benernya ga lucu si, malah menyedihkan betapa janji untuk menjaga sebuah rahasia dengan mudahnya digadaikan. Sampe ada istilah “ember bocor” untuk menjuluki orang yang hobi menceritakan rahasia orang lain.

“Psst.. jangan bilang sapa2 yak”, kalimat yang uda qt denger beratus2 kali dalam hidup qt tapi tampaknya jarang efektif. Kayanya this magic word malah justru kunci yang bikin orang gatel pengen ngasi tau ke orang lain. Mungkin ini masuk kategori reversychology (mg2 ejaannya bener) alias psikologi terbalik. Dimana qt mengatakan sesuatu hal tapi dalam hati qt mengharapkan efek sebaliknya.

Contohnya gini ni, ada cewe uda dandan cantik2 mau ke pesta, temennya tiba2 nelpon nanya ”Kamu berangkat ma sapa?” Si cewe dandan bilang ”Aku ntar naek angkot aja deh, gampang kok tinggal naek nomer 26 ampe perempatan trus lanjut naek ojek abis itu jalan kaki 2 kilo. Tapi ntar di angkot aku keringetan gituh. Rambutku gimana yah, kalo kena angin. Ngeblownya aja uda 2 jam. Mana aku pake sepatu hak tinggi pula, ntar aku lecet2. Huhuu.. Aku kan ga kaya kamu yang punya mobil, ber-AC, kalo ada pesta tinggal minta supir nganterin ga kawatir harus touch up ulang mbenerin dandanan belepotan. Yah tapi gimana lagi, qt emang beda kasta si”. Temennya langsung iba trus bilang “Aku jemput satu jam lagi yah, aku otw kok. Ntar aku lewat jalan depan gang rumahmu”. Begitu telpon ditutup, si cewe dandan girang banget “YESSS! Berhasil..”.

Hampir sama ma kata2 ajaib tadi, cukup bilang “Psst.. jangan bilang sapa2 yak” apalagi kalo diucapin dengan nada2 gosip, secara ga langsung bikin the secret keeper ngerasa ini hal penting yang perlu diketahui semua orang.

Di Islam, perilaku ghibah alias bergunjing jelas2 dilarang keras. Membuka aib seorang muslim diibaratkan seperti memakan daging saudaranya yang telah mati. Hiyy.. Jangankan daging manusia, daging ayam yang uda jadi bangkai aja qt uda jijik banget. Bahkan Rasulullah SAW bersabda : “Aku diperlihatkan pada malam aku di Isra’ Mi’raj kan, di neraka ada satu kaum yang makan bangkai, lalu aku bertanya pada Jibril, “Siapa mereka itu?”. Ia menjawab : “Mereka adalah orang yang suka memakan daging manusia””. Ternyata di dunia, mereka adalah orang2 yang suka bergunjing. Ya Allah, moga2 qt semua ga termasuk golongan itu..

Gosip katanya berarti makin digosok makin sip. Makin sip buat siapa? Ya buat yang ndengerin, dan yang menyampaikan ke telinga2 berikutnya. Buat si korban, dijamin gak sip banget. Kadang qt berdalih, “Aku kan ga nggosip, orang ini fakta kok”. Justru itu yang disebut ghibah, ngomongin keadaan / aib orang lain yang qt tau dia ga bakal suka kalo tau ini kesebar luas. Nah, kalo qt ngomonginnya ditambah2in, ga bener ato qt sendiri justru ga tau kebenarannya.. ini bukan ghibah lagi tapi dusta..

Memang susah banget menjaga rahasia, apalagi aku uda bersuami. Masa’ ma suami sendiri masi ada rahasia? Jadi, aku ngakalinnya sekarang kalo temenku menitipkan rahasianya kepadaku, aku selalu bilang ”Yang ini aku kasi tau suamiku yah, ke orang lain gak deh”. Alhamdulillah, selama ini biasanya temen2ku ga ada masalah kalo suamiku tau rahasia mereka. Dan aku ngerti kenapa mereka butuh tempat curhat. Semua orang punya rahasia, kadang2 lebih enak dibagi dengan seseorang yang dia percaya.

Aku belajar berusaha banget njaga rahasia seseorang yang uda diceritain ke aku, karena aku sadar ini amanah yang berat. Asli ini berat banget, beberapa kali pernah kebobolan juga. Apalagi dari dulu temen2 bilang aku tong sampah karena saking seringnya mereka curhat rahasia mereka. Mungkin setelah latihan bertaun2 jadi recycle bin, alam bawah sadarku seringkali sengaja ngelupain rahasia tersebut biar aku ga tergoda buat mbocorinnya. Suatu saat temenku bilang “Kamu ga kasi tau sapa2 kan? Yang dulu itu ? ”. Aku cuma terbengong2 bilang ”Yang mana ya ? Aku blank”.

Benernya jujur aja, otakku kosong siy.. jadi dalam hal apapun suka tiba2 nge-blank.. Btw, aku lagi melancarkan aksi psikologi terbalik nih.. Ayo dong pada bilang aku pinter dan jenius ! Ngarep dot com, wekekek..

7 komentar:

Anonim 12:24 PM, April 21, 2010  

yup....mba pinter dan jenius...asli aku suka postingnya...hehe((ngarep''''dipuji balik juga..hehe))..aku temannya mba puput mba'.salam kenal.mudah2an mba inget .itu loh,, mba puput yang cantik jelita rupawan bangsawan dermawan...sampai2 sring naktirin qt2...hehe

mintje 4:24 PM, April 24, 2010  

Wah,mksh bgt yaa.. Jd trharu ad yg suka ma postinganku. Ini si anonim yg baik hati, gemar menabung & tdk sombong itu kan? Yg tmn puput si dermawan tkg traktir itu kan? Pasti ingt duoonk! Apalagi kl puput nraktir ak jg, tmbh ga bklan lupa deh!

mintje 6:01 AM, April 25, 2010  

@ppt: mana neh traktirannya,kok tak kunjung tiba? He2..

Unknown 3:08 PM, Mei 07, 2010  

weitss..ada namaku disebut2..lama tak berkunjung nih..
kata bang rhoma : jangan nraktir klo tiada artinya..hihi..alesaan.. mkny ktemuan dlu.. gmn mo nraktir klo ga ktemu.. ;)
oya, lupa ngenalin.. elz..itu yg anonim namanya anti..nama panjangnya : anti mati gaya.. ;)
asal-muasalnya karna chat ga penting qta yg diposting di blogmu, ku copas ke fb.. nah, dibaca anti.. trus, dia mohon2 minta alamat blogmu elz.. ya terpaksa kukasi..abisnya tampangnya melas gituh..hihi..

Mintje 1:41 PM, Mei 10, 2010  

Ada manusia di planet ini yg mohon2 minta alamat blog-ku?? Huhuu.. asli terharu biruu (termehek2 mode on*)
@ antimatigaya : ma'acih yah.. i love u full. mmuah (bibir begincu monyong2 mode on*)

@ puput : thx ya uda jadi penyambung silaturahmi aku ma antimatigaya. Km banyak pahalanya lho.. Mau nambah pahala lg ga? Qt ketemuan be3 yuuu', maem2 getoh tapi km yg nraktir put. Bwahahaha..

Seperti kata Bang Rhoma : Begadang jangan begadang, kalo nraktir boleh saja.. Xixixi..

ikha 9:04 AM, Mei 11, 2010  

ikuutt...ikuuutttt....kalo bangsa traktir menraktir ikuuutt puuut..heheh
kn udah tradisi org indonesia..jadian makan2..lairan makan2...nikahan makan2...ngumpul2 mkn2 jg dong

Mintje 1:02 PM, Mei 14, 2010  

@ ikha : wah ka', km harus melas2 dulu, menjalankan psikologi terbalik dulu baru si puput mo nraktir kamu.. hihi..

@ puput : peserta traktiran uda banyak neh, lokasi mau di mana? Jakarta apa Palembang, tempatnya ika? Wakakaak..

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP