Au Revoir un Sport

>> 27 April 2010

Siapa bilang ibu rumah tangga ga olahraga? Selama ini ada anggapan bahwa jadi ibu rumah tangga bodinya bakal melar dan dihinggapi berbagai macam penyakit karena kurang gerak. Benernya bukan kurang gerak cuma kurang duit aja si jadi sering sakit. Qeqeqeqe.. Just kidding!

Kalo kalian mau tau, dulu sebelum merit aku perempuan yang aktif banget, disamping aktif kerja aku juga aktif jalan2 dan aktif shopping ngabisin duit. Hehehe.. Sejak merit, aku baru nyadar kalo jadi istri rumah tangga jauh lebih capek dan lebih aktif daripada jadi pegawai. Aku jadi ngerti kenapa dulu mamaku suka sakit leher dan sakit boyoknya..

Bandingkan, waktu aku kerja aku bangun pagi, nyapu2 kamar kos yang cuma sepetak, ngepel paling 2-3 hari sekali soalnya dulu ada temenku kepleset lantaiku licin gara2 aku kerajinan ngepel. Xixixi.. sori, Irma.. tidur2an lagi sampe bosen trus aku mandi siap2 dandan,berangkat ngantor. Ngantor aku ngangkot, jalan dikit dah nyampe kantor deh. Abis absen, di meja aku duduk ngadep komputer ngobrol2, ngadep komputer lagi, kerja sambil nyemil nge-game, dsb. Trus tau2 uda makan siang, langsung melesat menuju kantin bareng temen2, ngobrol2 hahahihi, balik ke ruangan lagi, kembali ke kegiatan semula, duduk manis depan komputer trus tau2 uda jam 5. Pulang ke kosku tercinta.. Tinggal mandi, beres2, maem, bobo deh.

Sekarang, bangun pagi aku nyapu teras, nyapu seisi rumah kontrakanku, emang mungil tapi yang jelas lebih gede dari kamar kosku dulu. Hehehe… lanjut bersihin jendela, ngepel, ngurusin taneman.. Abis itu mandi, belanja di tukang sayur deket rumah, balik ke rumah mule nyiapin buat masak sambil masukin cucian ke mesin cuci. Sembari masak, aku ngurusin jemuran. Dah kelar semua, mule bersihin kamar mandi. Kalo ada yang perlu dibeli, aku meluncur ke mall terdekat belanja keperluan rumah tangga sambil cuci mata. Belum lagi kalo masih harus ngurus sesuatu ke bank ato ATM. Siang suamiku pulang makan siang (kebetulan rumahku dekat dengan kantor suami), abis dia balik ngantor aku nyetrika. Kadang aku lanjut baca buku or beres2 kamar. Sore waktu nyante, selesai mandi sore ngobrol2 ma tetangga ato kakakku yang suka mampir kerumah. Tau2 suamiku pulang dari kantor, dia mandi siap2 maghriban ke mesjid aku nyiapin makan malem.. Dia pulang, qt makan ngobrol2 sampe isya’ dia ke mesjid lagi.. Baru deh, selesai ngaji qt bedua bisa istirahat nonton TV dan ngobrol2 lagi sampe malem..

Semua kegiatanku emang keliatan ga penting tapi bisa ga ngitung berapa kalori yang aku bakar dalam sehari? Yang jelas beratus2 kalori lebih banyak dibandingin duduk manis depan komputer. Hari2 pertama jadi istri, kerasa banget capeknya. Kalo sekarang alhamdulillah uda bisa adaptasi dan enjoy..

Dari sebuah blog seorang dokter yang aku baca, agusnazilfurqon.blogdetik.com aku juga dapet info ibu2 rumah tangga yang rajin bersihin jendela dan mengepel lantai sendiri tanpa bantuan pembantu selama 45-60 menit maka akan membakar kalori 150 kilokalori (kkal). Bagi yang suka berkebun dan bercocok tanam selama setengah jam akan menghilangkan kalori yang sama dengan mengelap mobil, menyetir mobil, mendorong kereta bayi dan berjalan di tangga yaitu sekitar 150 kkal juga. Jalan santai juga bisa bakar 370 kkal/jam. Ini lebih banyak dari olahraga golf yang bakar 330 kkal/jam ato bersepeda keliling kompleks perumahan kurang dari 16 km yang membuang 290 kkal/jam.

Di bulletin Intisari edisi Agustus 2004, dijelasin bahwa di Inggris telah diciptakan trim trolley, troli (kereta dorong belanjaan) yang dilengkapi dengan sensor kalori di bagian pegangan tangannya bahkan rodanya bisa diprogram jadi seret. Menggelindingkan troli ini bisa bakar 280 kalori dalam 40 menit. Dan ternyata, makin seret rodanya makin bagus karena perlu tenaga tambahan untuk mendorong, meningkatkan detak jantung dan peregangan otot di kaki, lengan dan perut. So, kalo mau belanja bulanan cari troli yang seret yah.. Wekekekek..

Kesimpulannya, ga ada lagi deh istilah “Au revoir un sport!” (Bahasa Perancis untuk Selamat tinggal olahraga..) buat ibu2 rumah tangga. Pekerjaan rumah tangga ternyata juga hampir sama seperti olahraga cuma beda metode aja.. Jadi jangan heran kalo pembantu2 rumah tangga yang rajin kerja bodinya lebih seksi dari majikannya. Wakakakak.. Merci beaucoup, A bien tot (Terimakasih banyak, sampai jumpa lagi)..

1 komentar:

Mintje 2:50 PM, April 27, 2010  

Postingan ini uda pernah dipublish des '09. Tapi ga tau napa waktu aku ngecek, arsipnya ilang. Untuk yang uda pernah baca, maap yak. Terpaksa aku publish lagi skr, soalnya buat mintje pengarsipan itu penting. Hehehe.. Trims buat maklum-nya..

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP