Andai Tangan dan Kaki Bisa Bicara..

>> 27 April 2010

Ada benda bulat putih teronggok di bagian dalam pagar rumahku. Setelah aku dekati, arrgggh.. bola lagi.. lagi2 bola. Dengan demam Piala Dunia 2010 yang melanda, anak2 cowok berbagai usia yang tinggal di sekitar rumahku jadi hobi sekali bermain bola. Dan karena sebelah rumahku adalah gang yang cukup luas dan sepi, mereka sering bermain disini. Akibatnya, mereka punya hobi tambahan yaitu menitipkan bola mereka pada siang hari di teras rumahku sehingga sorenya mereka tinggal mengambil lagi dan bermain sepuasnya. Aku sih bahagia kalo mereka ntar bisa jadi pengganti David Beckham tapi ada satu yang nyebelin, mereka nitip GA BILANG2 !! Selalu asal cemplungin aja ke terasku. Bolanya sering berganti2 tapi dasarnya putih semua. Jadi ga jelas pemiliknya siapa, kadang si anu kadang si itu.

Mungkin buat orang lain ini hal sepele, tapi kalo terjadi berulang2 aku agak jengah juga. Yang bikin terganggu dengan dititipkannya bola tak bertuan ini adalah mereka ga punya jadwal pasti maeninnya kapan. Jadi suka2 mereka ngambilnya, kadang 2-3 hari baru diambil. Aku kan jadi ga enak kalo pas aku pergi, rumah kosong. Ntar mereka batal maen gara2 aku.

Pernah juga, aku lagi di dalem rumah mereka panggil2 mau ambil bola, karena lagi hibernasi di dalem kamar aku aga telat dengernya. Aku jawab “Iyaa.. bentar!”, sambil menuju ruang tamu. Ternyata, gantian mereka yang ga denger. Mungkin dikirain ga ada orang karena pager depan lagi digembok, mereka memutuskan manjat masuk dinding rumahku. Aku yang tadinya mau buka pintu, jadi mengurungkan niat karena geli ngeliat tingkah laku mereka. Dua anak yang terkecil dari mereka (mungkin baru 4 tahunan) dipanggul anak2 yang lebih besar, dan mereka berdua mule merayap masuk halaman. Yang ga mereka perkirakan adalah, dua anak malang tadi ga bisa manjat keatas lagi karena ga ada yang ngangkat dari dalem. Mereka kebingungan sambil nahan nangis, kekurung di teras rumahku. Bwahahaha.. aku ketawa puas banget dalem rumah. Jahat yah? Abis mereka nyebelin sih..

Tapi aku ga sejahat itu kok, buru2 aku buka pintu BAKEKOOOK!. Dua anak tadi tambah kocar-kacir kaya anak ayam keilangan induk. Apalagi ngeliat temen2nya pada kabur secepat kilat ninggalin. Wekekek.. Aku jadi kasian, waktu aku buka gembok pager mereka langsung ngaciiir..

Dari kecil aku paling ga bisa ngeliat barang orang lain dititipin tapi ga diambil2. Qt kan jadi bingung, mo dibuang punya orang, mo dipake bukan punyaku, mo dikasihin orang ntar jadi barang curian. Bahkan kadang bolanya kotor banget, kaya abis kena comberan dan dia mendarat mulus di terasku. Tak ayal, jejak lintasan bola yang kotor dan bau sukses menodai masterpiece dari sang maestro dalam mengepel. BAGOOOSS!!

Aku uda berusaha mengkomunikasiin baek2 dengan mereka, tapi tetep aja kaya serial Teletubbies..perbuatannya diulang..ulang..ulang..ulang.. And fyi, ini sepertinya gerombolan anak2 yang sama, yang pernah memecahkan jendela dapur rumah kontrakanku dan langsung kabur tanpa tanggungjawab. Karena emang yang maen bola, pelakunya itu2 aja.

Kali ini entah kenapa, aku uda ga tahan ngeliat bola yang tak berdosa itu ngejogrok di halaman. Waktu aku buka pager, aku gelindingin bola itu keluar. “Biarin aja”, pikirku. “Toh, mereka juga ga bilang nitip. Bukan salahku dong kalo aku taro diluar”. Tapi, anehnya seiring dengan menggelindingnya si bola dan berbaliknya badanku, hati nuraniku serasa mencelos. “Ntar kalo ditemu ama orang lain trus diambil gimana ya?”. Kalo anak2 itu nanyain, aku bilang apa dong? Aku bilang gelindingin keluar? Ato dengan wajah jutek bilang “Bolanya uda ilang, dimakan buto!”. Tapi aku yakin ga bakal bisa berakting kaya gitu. Sisi jahat diriku bilang “Ngapain juga dipikirin, salah mereka sendiri nitip ga bilang2. Kamu berhak dong naro diluar rumah. Yang terjadi diluar rumahmu kan bukan urusanmu”. Betul juga, kali ini dengan mantap aku melangkah masuk ke dalam rumah. Tapi hati nurani bilang lagi “Ya ampun, kamu tuh.. hal sepele gitu aja kamu ga mau bantuin. Kalo kamu ikhlas nolongin mereka, kamu kan dapet pahala juga. Lagian itu amanah tauk!”. Si jahat ga mau kalah “Alaaah, pahala mah bisa dari yang laen, kalo ini kan masalah prinsip. Mereka uda ngganggu teritorialmu tanpa ijin. Amanah apaan? Nitip juga kagak” Otakku langsung berdenyut2, ternyata susah yah jadi pemeran antagonis..

Aku kepikiran ntar kalo bolanya kena paku ato keinjek mobil dan meletus, kasian anak2 itu harus cari bola lagi. Belum lagi kalo bolanya nggelinding ke tengah jalan trus ngalangin orang yang naek motor, ampe si pengendara kaget trus jatuh. Aduuh aku jadi dosa doong! Kebetulan.. sebelum terjadi dilema berkepanjangan, suamiku pulang dari kantor. Aku langsung nanya ma suamiku aku dosa ga sih naro bola anak2 itu diluar sambil nyeritain imajinasi2 lebay-ku. Suamiku bilang “Nyante aja lagi, gakpapa kok ditaro diluar. Kan mereka jadi gampang ngambilnya..” Fiuuh, jadi tenang. Apalagi setelah ngeliat mereka uda asyik bermain menggunakan bola yang dari tadi jadi beban pikiranku.

Akibat gemar berimajinasi, kadang hal2 kaya gini suka aku bayang2in berlebihan. Tapi itu semua karena aku ga pengen gara2 sesuatu yang sepele hablumminannas (hub. antar manusia)-ku jadi buruk. Aku ga mau kalo anak2 itu sebel ma aku trus nyumpahin ato ndoain yang jelek2, karena sapa tau malaikat lagi lewat trus ikut ndoain juga.

Semakin dewasa, aku menyadari semakin berdosa. Aku nyoba menanamkan konsep dalam diriku kalo di akhirat nanti tangan dan kaki kita bakal dimintai pertanggungjawaban, supaya bisa lebih hati2 mengontrol kelakuanku.. Semua ada sebab akibatnya, jangan sampe karena tangan kita ini yang berbuat, kita bikin orang lain celaka. Jangan sampe kaki ini dibawa ke tempat2 maksiat, dsb.

Bahkan sering kebayang, ntar mulutku dikunci sementara tangan dan kakiku berceloteh dengan riangnya. "Eh jeunk, dulu aku pernah diem2 ngambil ayam goreng jatah kakakku lho !", kata si tangan kanan ke tangan kiri. "Itu ga ada apa2nya jeunk, dulu aku sering nyubit temenku sampe anaknya nangis & lengannya biru2", balas si tangan kiri. Kaki kiri ikut nimbrung "Aku berdua sodaraku di sebelah, sering dipake jalan2 yang ga jelas getoh. Cuma buang waktu, alesannya refreshing padahal banyak tempat2 yang mbutuhin tenaganya tapi dia ga mau datengin."

Sementara aer mataku ngalir dengerin mereka ngomongin aku, lidahku ga disangka2 tiba2 bisa berbicara "Kalian tau ga ? Orang ini dulu sering nggosipin temennya, sering boong dengan dalih white lies, cemberut dan kesel sehingga berkata ga sopan ma orang tua yang uda membesarkannya.”. Bla..bla..bla.. Telingaku yang biasanya pendengar yang baik, tiba2 punya mulut dan ikut berbicara tentang apa saja yang aku dengarkan sepanjang hidupku. Oh tidaaak! Semua aibku dibongkar, dosa2ku dikuliti. Serasa lagi nonton investigasi selebriti dengan berbagai narasumber yaitu organ2 tubuhku sendiri.

Mengerikan memang, tapi itu pasti terjadi. Seperti yang tertuang dalam QS. Yaasiin : 65...
“Pada hari ini Kami tutup mulut mereka, sedangkan yang berbicara kepada Kami adalah tangan2 mereka, dan memberi kesaksian kaki-kaki mereka terhadap apa-apa yang dahulu mereka usahakan.”

Astaghfirullah.. “Ya Allah ampunilah dosa2 kami dan bimbinglah kami sehingga selalu berada di jalan-Mu”.. Amin.

0 komentar:

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP