Toxic Friend

>> 24 Mei 2010

Pertama kali aku denger kata2 “toxic friend” ini waktu ngeliat salah satu episode talk show-nya Oprah beberapa taun lalu. Temen kok beracun, aneh ya?

Istilah toxic friend ini bermakna temen yang tanpa qt sadari sering merugikan qt. Kalo gitu kaya “benalu” donk? Kurang tepat siy, kalo benalu berarti temen qt ngambil keuntungan alias manfaatin qt terus menerus tanpa ada timbal baliknya.. Sedangkan toxic friend ini lingkupnya lebih luas, benalu termasuk dalam kategorinya. Jadi, ini temen yang ga cuma manfaatin, tapi juga temen yang bikin qt terhisap masuk ke masalahnya atau malah justru nyusahin qt dalam segala hal. Njlimet yah? Hihihi..

Mungkin biar qt sama2 tau temen yang masuk golongan toxic friend, aku pilah2 temen jadi berbagai kategori dulu..

1. Temen ideal
Namanya juga temenan, pasti ada simbiosis mutualisme, dimana kedua belah pihak saling mendapatkan berbagai keuntungan dari hubungan pertemanan ini, ga melulu secara materi tapi juga rasa nyaman, aman, support, doa, dsb. Ga ada pihak yang merasa terbebani dengan hadirnya pihak satunya, bahkan rasa rela berkorban juga mulai tumbuh. Kalo hubungannya uda sangat mengental dan kedua orang ini nge-klik banget, biasanya berlanjut menjadi sahabat.

2. Temen biasa
Hubungannya bener2 datar, Cuma sekedar tau nama ato tempat tinggal aja..Ngobrol sebatas “say hi”, ga pernah masuk ke topik yang “dalem”. Kaya misalnya gini, Si Wannaknow nanya “Eh, tau si Nyit2 ga?”, temennya ngejawab “Ohh.. tau, yang rambutnya warna pink itu kan?”. “Orangnya gimana sih? Kayanya belagu banget. Loe kan dulu satu SMA ma dia?”..lanjut si Wannaknow penasaran. ”Waduh, ga tau deh.. Gue juga ga kenal2 amat, pernah ngobrol lama pas lagi nunggu angkot bareng tapi basa basi doank. Gue cuma tau dia anak band, rumahnya di Depok”.
That’s it, ga ada info lebih misal tentang makanan favoritnya, nama anjing kesayangannya, kalo dia bete harus diapain.. Antara Nyit2 ma temen se-SMAnya ini ga pernah membicarakan hal yang melibatkan perasaan. Kenapa masuk kategori temen? Karena mereka ga musuhan, wekekek..

3. Temen beracun
Nah, ini yang berat.. Dari temen ideal, temen biasa bahkan sobatpun bisa masuk kategori temen beracun..
Lhoh ? Tadi katanya sobatan, berarti simbiosis mutualisme ? Tunggu dulu.. ga semua punya persepsi sama. Kadang2, semakin kental persahabatan semakin kabur batas2 saling menghargai-nya. Diantaranya kaya gini nih..

a. Temen yang berprinsip YSAD,YSAP

Yu Senang, Ai Datang..Yu Susah, Ai Pulang“. Ini temen yang nyebelin, suka manfaatin.. Misal waktu qt ultah dia yang pertama kali kasi selamet, kasi kado, minta traktiran, dsb. Pas qt ditimpa musibah, boro2 nengokin nanya kabar aja enggak.. Temen yang satu ini hobi banget minta traktir, kalo bisa gajinya utuh sebulan ga kepotong biaya makan siang. Di kantor minta traktir, ada yang mo merit minta traktir, ada yang nglairin minta traktir tapi kalo disuruh nraktir langsung kabur entah kemana.
Ato temen yang suka ngutang ga dibalik2in juga masuk kategori ini.. Giliran qt dapet rejeki, langsung deh qt dibaik2in.. ujung2nya dia ngutang dengan seribu janji surga bakal segera dibalikin kalo uda gajian lah, kalo uda sukses lah, kalo usahanya untung lah. Tapi janji tinggal janji, duitnya pun terpaksa qt relakan. Ngutang halal kok, tapi kalo uda bisa bayar, segerakan pelunasannya dong.. Coba aja giliran dia ga ada maunya, ato qt berkantong mepet.. Qt sms juga ga dibales, nelpon mo nanya kabar ga pernah diangkat, ditelen bumi kali' ya tu orang?

b. Temen yang berkarakter “menular”

Misal suka ngegosipin orang. Tau ga ? Kalo qt deket2 ma tukang gosip, dapat dipastikan 98% qt bakal jadi gossiper juga. Karena qt lama2 akan menikmati betapa serunya menyebarkan kisah kehidupan orang lain. Kalo uda kena batunya dibales, digosipin orang sekampung baru deh tau rasa..
Ato misal temenan ma bandar narkoba, qt juga bakal sulit ngehindar kalo ditawarin putauw gratis. Akirnya, qt jadi ketularan kecanduan dan ga mampu melepaskan diri..

c. Temen yang berprinsip 4MBA

Masalahku Masalahmu, Masalahmu Mah Bodo Amat.. Eits, jangan ketawa dulu.. Banyak lho, orang2 yang kaya gini.. Ngerasa bahwa dirinya adalah korban, paling menderita sejagat raya sehingga perlu dikasihani, disayang2, diperhatiin.. pokoknya drama queen abis! Sementara, ketika temennya lagi kesusahan, sang ratu drama ini ga peduli karena ngerasa temennya pasti bisa ngatasi masalahnya sendiri.. Do you know? Setiap kali qt mendengarkan masalah seseorang dan melibatkan emosi di dalamnya, diam2 energi qt ikut terkuras, otak jadi lelah dan dada rasanya sesak banget.. Pelan tapi pasti, pikiran qt ikut teracuni dengan masalah sang drama queen..

d. Temen yang selalu 3N

Negatif..Negatif..Negatif.. Seharusnya temen itu saling mendukung, saling ndoain, saling menguatkan, tapi temen yang satu ini justru selalu mengajak qt pesimis dalam menghadapi hidup. “Gimana ya, kalo aku nyoba jualan kue?”.. Si temen yang dimintai pendapatnya tanpa menanyakan alasan kenapa temennya ini kepikiran gitu, langsung bilang “Wah, aku yakin kamu pasti gagal deh. Aku ga percaya kamu bisa bikin. Kamu kan ga ada background kursus bikin kue. Orang tu ga usah muluk2 pengen wiraswasta, mending ngelamar perusahaan yang jelas2. Kamu sekolah tinggi2 masa’ ntar jadi tukang kue doank? Ga malu kamu?!”. Denger kaya gini, apalagi ditambah backsound ketawa sinis yang membahana.. Wuihh.. dijamin semangat qt langsung mlempem.
Bisa juga begini, qt beranggapan positip mengenai seseorang ato suatu kejadian, tapi karena “diracuni” ma temen qt ini, qt jadi selalu berprasangka buruk dan ga bisa ngambil hikmahnya.

Ngeliat contoh2 kategorinya, uda ada bayangan kan yang disebut temen beracun itu kaya apa? Temen macem ini bikin pikiran ga sehat, ngerasa terbebani atau bahkan kalo uda parah bisa merusak kepribadian. Kenapa uda tau nyusahin gitu masih juga disebut temen? Jawabannya simpel, karena mereka ga musuhan. Hawhawhaw..

Kata pakar yang jadi bintang tamu di acara Oprah itu, harusnya qt lebih tegas memilih dan memilah mana temen yang pantes jadi temen baik, mana yang cuma qt golongin temen biasa, dan mana yang perlu qt jauhi.. Karena kebanyakan para “toxic friend” ini mempunyai karakter yang dominan, yang secara ga langsung bisa menguasai pikiran qt.. Kalo qt jadi orang yang selalu lemah dan selalu mengalah, ga heran kalo qt sering jadi “santapan” mereka..

Hmm.., jangan2 qt ni justru toxic friend-nya? Ck..ck..ck.. Bertobatlah nak. Wakakak.. Aku nulis ini juga buat cerminan, yang ngingetin aku kalo aku misalnya pernah ato akan berbuat ala temen beracun ini. Na’udzubillah..

Buat orang2 baik yang baca postingan ini, yang ngerasa suka dimanfaatin temennya tapi ga mampu nolak, yang suka ditodong buat nraktir ato ngutangin, yang selalu dibikin “down” dan pesimis oleh orang2 disekitarnya.. Semoga Allah SWT menguatkan kalian.. Tapi moga2 qt semua ga selalu jadi korban dalam hubungan pertemanan, qt perlu belajar dewasa dalam memilih temen sehingga qt sendiri bisa hidup bahagia..

3 komentar:

irma 10:22 AM, Juni 08, 2010  

andai semua temen kaya para biri2.. betapa indah dunia dan mudahnya semua masalah. tapi beneran deh min, susah dapetin sahabat2 sejati. tapi begitu dapet g bakalan dilepas dah...

Lentse 10:21 PM, Juni 20, 2010  

Irma nmr xlmu masih aktif ga??
Mintje: mana nih karyamu selanjutnya... Kok dah lama ga ngeblog

Mintje 4:18 PM, Agustus 01, 2010  

alo lentse, seneng banget kamu bisa muncul di komen.. sori bgt ya, aku uda lama ga nongol.. bapak mertuaku meninggal dunia, sejak itu ak kaya keilangan mood nulis n inspirasi. Moga2 sekarang aku bisa mule berkarya lagi, thx ya perhatiannya..

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP