Red Hot Chili Peppers

>> 14 Mei 2010

Apa yang terlintas di pikiran kalian kalo denger istilah Red Hot Chili Peppers (RHCP)? Pasti pada mikir aku mo mbahas grup rock band populer asal California yang beranggotakan Anthony Kiedis , Flea, Chad Smith, ama Josh Klinghoffer. Yang lagunya asik2 n nge-hits banget kaya “Scar Tissue” & “Californication”.. Iya kan?

Maafkan, aku mengecewakan kalian. Kali ini aku ngambil judul RHCP, karena kalo aku kasi judul "Merah Panas Cabe Pedes" kayanya kurang komersil. Hihihi..

Aku pengen nulis tema ini sewaktu lagi ngulek sambel buat suami tercinta. Tiba2 aja kepikiran bahwa manusia memang dianugerahi Tuhan kemampuan adaptasi yang luar biasa, mau tau kenapa?

Kalo yang deket ma aku semua pada tau deh, kalo dari kecil aku ga suka sensasi rasa yang namanya pedes. Karena dari kecil kami sekeluarga ga biasa makan sambel. Ayahku sangat membenci sambel, bahkan suka ngatain sambel itu racun. Padahal Papaku 7 bersaudara, dan ke-6 sodaranya sangat suka makanan pedes. Katanya dulu pernah kemakan biji cabe, ampe papa harus operasi usus buntu. Mungkin trauma kali yaa..

Dan kebencian Papaku ini diturunkan ke anak2nya, sejak kecil kami ga suka segala jenis cabe2an dan sambel2an. Mo cabe merah kriting, cabe merah bonding, cabe rawit, cabe ijo, ga peduli yang namanya cabe, qt semua uda antipasti duluan. Sambel trasi, sambel mentah, sambel tomat, sambel bajak juga ga ada satupun yang menarik minat kami. Kami sering jadi bahan olok2an kalo lagi kumpul2 di rumah nenek sewaktu Lebaran gara2 ga mau maem masakan2 yang agak2 berbau “hot”.

Kalo aku kemakan cabe ni, biar kata dikiit aja langsung deh kringet dingin mengucur, air mata ngalir, lidah dan tenggorokanku kaya kebakar, perut mules, muka merah dan bibirku refleks berkata “Sssh..aahh..huuuh…haaaaahh”. Kadang temen2ku sengaja masukin cabe ke makananku kalo aku tinggalin bentar. Dan mereka ketawa2 ngeliat reaksiku kepedesan.. ”Kebakaran! KEBAKARAAAN!”, kata mereka. Huuuh, nasib..

Katanya cara paling jitu menghilangkan rasa kepedesan, dengan menaruh sedikit garam di lidah. Ada juga yang bilang ngilanginnya dengan minum susu atau yoghurt. Tapi menurutku ga efektif karena kalo lagi panik, mana mungkin nyari susu / yoghurt. Beli dulu kelamaan, keburu pingsan. Dan jangan coba2 ngilangin dengan minum air apalagi air es. Bergelas2 air juga ga bakal mampu memadamkan panasnya cabe. Aku sering bercanda dengan kakakku bahwa tanaman cabe ini bibitnya tumbuh di neraka makanya bikin panas. Wekekek..

Yang doyan pedes, mungkin nganggep aku sekeluarga orang2 yang aneh. Emang si, masakan Indonesia rata2 lebih enak dimaem pake cocolan sambel. Tapi gimana lagi, kami ga terbiasa jadi mending menghindar daripada mencret2.

Sekarang, aku kena batunya sendiri deh.. Suamiku pencinta sambel. Dan dia pecandu berat. Skala pedesnya sambel itu 1-10, sementara dia suka yang bernilai 15!! Kalo sambel bisa ngomong, mungkin dijadiin istri ma dia. Xixixi.. Dari pertama qt merit, aku uda bilang aku ga bisa nyambel. Dia si oke2 aja, bahkan dia rela berkorban beli sambel botolan instant biar tetep bisa menikmati sensasi pedes2 maknyuus dalam setiap hidangannya..

Sebagai istri, hatiku tergerak juga untuk mencoba tantangan membuat sambel.. Mulailah aku membeli cabe rawit dan cabe merah di tukang sayur. Setelah aku cuci bersih, aku liat resep dulu untuk bikin sambel. Bayangkan! Aku ampe harus liat resep, saking o’onnya. Seumur hidup belum pernah bikin, makanya aku ngerasa butuh petunjuk dari yang expert.

Semuanya uda siap di cobek. Fiuuhh..aku mule baca bismillah moga2 sambel perdanaku sukses. Apa yang terjadi? Baru beberapa detik aku ngulek, air mataku bercucuran, bahkan ingus (maap)-ku juga meler2. Aku ga mau nyerah, tetap semangat! Dari jidatku mulai bertetesan keringat,karena aku ribet ngulek sambil ngelap2 aer mata. Dengan senjata tisu di tangan kiri, dan munthu (ulek2an) di tangan kanan, aku berjuang nerusin ngulek ampe semuanya halus, walaupun setelah ngaca tampangku ancur2an kaya korban KDRT yang abis nangis seminggu.

Horeee! Sambelku jadi, eh.. tapi belum ditumis (apa ya istilahnya nggoreng sambel dengan sedikit minyak?). Sekali lagi aku berjuang ngelawan panasnya mataku, dan lelehan ingusku. Belum lagi bersin2 tiada henti akibat indera penciumanku kaget setengah mati kelewatan bau asing yang berbau tajam dan ga bersahabat.. Ya iyyalah, 27 tahun ga pernah ditatar nyium aroma sambel digoreng dalam radius 30 cm dari hidung.. Serasa ada tangan2 halus yang menyusup masuk tenggorokan dan mencekikku. Aku batuk2 ga keruan tapi aku tetep berusaha menuntaskan niat. Yang hobi nyambel mungkin cuma geleng2 kepala ngeliat ajaibnya tingkahku.

Sreng..srengg.. akirnya sambel perdanaku jadi juga. Aku pamerin ke suamiku yang langsung tersenyum bahagia ngeliat pujaan hatinya itu. Meskipun rasanya masi ga keruan, waktu itu suamiku bilang sambelku enak cuma kurang asin dikit aja. Aku berbunga2, ternyata ga sia2 aku usaha ngelawan dahsyatnya aroma cabe.

Karena sekarang uda lumayan sering nyambel, aku bener2 uda berdamai dengan “cocolan dari neraka” ini. Aku uda ga pernah ngalamin mata berair dan ingus meler2 waktu ngulek cabe. Makanan yang lumayan pedes juga bisa aku hajar tanpa harus kawatir aku bakal diare seminggu. Dan anehnya, sedikit2 aku mulai menyukai sensasi ini. Aku mulai ngerasain yang temen2ku selalu bilang "Kalo ga pake sambel, rasanya ada yang kurang". Sombooong, bwahahahaa..

Alhamdulillah.. semakin banyak latian dan belajar berbulan2, aku makin tau resep sambel yang disukai suami. Dia bilang sambelku enak dan mantap, bahkan lebih enak dari yang dijual2 di warung (meskipun itu mungkin nyeneng2in istrinya aja, tapi gpp lah yaauuw..). Cinta memang mengalahkan segalanya, cieeehh.. termasuk fobiaku ama si "Merah Panas Cabe Pedes"..

0 komentar:

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP