Setan Diskon

>> 10 Mei 2010

Malem minggu kemaren aku jalan2 ma suami tercinta ke salah satu mall di daerah Tangerang. Begitu menginjakkan kaki di depan pintu geser lobinya, mataku langsung terpesona melihat tulisan2 yang bergantungan tersebar di hampir seluruh outlet dan langit2 mall, bunyinya berbeda2 tapi mengindikasikan satu hal yang menggiurkan yaitu : DISKON!

Aha! Untuk yang satu ini, aku yakin ibu2 sejagat raya juga ga bakal nolak. Dari yang kaya, miskin, tua, muda, pantat besar ato tepos (lho??), semuanya akan bersorak sorai dalam hati kalo membeli dengan potongan harga. Diskon setauku berasal dari kata dis-count , dis itu tanpa atau tidak sedangkan count itu artinya hitung. Jadi discount bermakna ga diitung alias ga usah bayar buu’.. Diskon 20% berarti dari harga semula, ga diitung 20%-nya..

Nah, seiring perkembangan zaman diskon tu makin variatif.. Ada yang beli 1 gratis 1, itu kan diskon juga. Yang 1 berarti ga diitung. Ada yang pembelian kedua diskon 30%. Ini berarti kalo qt beli barangnya 2 biji, yang satu bayar penuh, yang satunya dipotong 30%. Tapi kalo barangnya kaya mixer, ato parutan keju ngapain juga qt punya banyak2? Emangnya mau bakulan? Tapi tetep aja ada yang beli.. Qeqeqe.. Ada juga yang diskon 50%, tapi ada tambahan tulisan kecil +20%. Apa pula itu? Ternyata, artinya gini.. Qt beli barang dipotong setengah harga.. dari harga yang uda dipotong, qt didiskon lagi 20%. Mungkin jadinya harga beli qt kurang lebih 60% dari harga aslinya. Tapi banyak orang2 ketipu, kalo ada tulisan kaya gitu, dikirain diskonnya 70%. Emang sih, kalo barangnya murah ga kerasa. Tapi kalo harganya mahal, perbedaan diskon 60% dan 70% kan ngaruh banget! Maklum, ibu2.. ngomongnya pake nyolot getoh.. Hihihi..

Aku selalu ngerasa kalo ada setan2 yang bercokol di pusat2 perbelanjaan. Mereka menanti para korban yang hobi blenjong. Aku sering menamainya setan diskon. Dan ga usah dipungkiri, aku sering juga terbujuk rayuan mautnya. Kalo uda ngeliat barang bagus2 didiskon, wuiih.. mata langsung jelalatan deh.. Yang namanya “MIDNITE SALE”, “GREAT SALE”, “YEAR END SALE”, “LEBARAN SALE”, “CHRISTMAS SALE”, semuanya yang sale2 ampe sale pisang juga aku demen. Entah kenapa, setan diskon selalu punya cara jitu yang bikin qt mendadak permisif dalam hal belanja yang enggak2. Mungkin ga selalu berhasil, tapi kata2 “sale” & “diskon” memang mampu menyihir orang2 untuk membeli sesuatu yang benernya ga penting2 amat.

Hampir semua item di mall tersebut di-sale. Pening juga ngeliat ibu2 bersliweran, kalap bawa blanjaan dan rela ngantri lama demi membeli barang impian. Aku sempet ngelirik sale sandal cantik, kalo diinget2 dirumah uda punya banyak.. lagian juga jarang2 pake tapi kata2 diskon untuk sandal dengan merek favorit bikin gatel pengen beli.

Berbagai alesan2 diungkapin untuk mendukung gerakan “belanja impulsif” ini, seperti : “Mumpung diskon, kan ngincernya uda lama”; “Kalo yang dirumah rusak langsung ada gantinya”; “Jarang2 ini beli sandal, modelnya bagus murah pula”, “Ini kan investasi, sapa tau ada yang mau beli kalo aku uda bosen pakenya”; “Lumayan ni, bisa dipake kondangannya si Anu”; “Sendal kan harus yang enak dipake, yang dirumah uda mule aus. Kalo kakiku lecet, biaya berobatnya kan lebih gede”; “Mending beli sekarang daripada sampe rumah kepikiran trus nyesel”.. Whohoo.. setan2 diskon mule menggerayangi otak qt..

Ini buat yang cewe, yang cowo juga ga kalah dahsyat godaannya. TV plasma dan kamera merek terkenal di-sale gila2an! Cuma 2 hari saja.. Berduyun2 para bapak2 & mas2 mengamati barang display-nya dan ga sedikit pula yang berakhir dengan menggesek kartu kredit mereka di mesin kasir.. Kena juga deh! Hehehe..

Euforia ini selalu ada tiap kali qt ditawari potongan harga yang berkedok diskon. Padahal, kalo mau tau ni.. ga semua barang yang didiskon itu bermutu tinggi. Qt sebagai pembeli wajib lebih teliti. Mungkin emang asli barang merek terkenal, tapi perlu diingat qt ga tau dia nyimpennya uda berapa taun. Tiap barang kan ada penyusutannya juga, ada masa aus. Contonya gini, aku pernah beli sepatu diskonan. Kupikir bakal awet, karena harga aslinya lumayan nguras kocek. Ga nyampe 3 bulan, sol-nya uda somplak. Nyesel sih ga, cuma jadi pelajaran aja.. Mata boleh jelalatan, tapi teliti itu juga penting. Dipikir2 nih, umumnya kalo ga barang uda lama ato ga laku ngapain juga di-sale gede2an.. orang jualan mana ada yang mau rugi.. tul ga? Tapi ga semua barang diskonan itu ga bagus. Asal qt jeli dan lebih bijak dalam membeli, kadang2 qt nemu juga barang2 berkualitas yang sesuai kebutuhan qt.

Lucu juga waktu aku sempet kena jeratan si setan diskon. Aku ngeliat ada keranjang isi baju2 cewe yang dikerubungin ibu2 dan remaja wanita, dengan tulisan Diskon 70%. Penasaran dong pastinya, aku ikut ngelongok2 baju apaan sih yang menarik minat kaum Hawa ini ? Semuanya ngaduk2 tuh keranjang, ada yang uda nemu yang disukain tapi ukurannya belum pas. Ada juga yang lagi nyari2 model dan warna yang paling cocok, semuanya tampak uda menenteng beberapa helai baju. Aku ikutan ngublek2 sampe capek sendiri. Benernya hati kecilku uda bilang, ga ada yang cocok buatku. Tapi kebawa suasana panas pertarungan sengit ibu2, aku tetep gigih bertahan di spot-ku. Kupikir kalo ibu2 ini bisa nemu, kenapa aku ga?

Yiiihaa, adrenalin-ku memuncak sampe akirnya di keranjang bagian bawah aku nemu baju yang kayanya pas ma badanku. Uda ga peduli deh, warnanya ungu terong ma oranye ngejreng. Aku langsung buru2 ngambil kedua baju itu, takut direbut orang lain. Mbak2 dan ibu2 yang disebelahku ngeliat aku dapet tangkapan, langsung tambah panik. Mereka tambah giat aja.. Terjadi perebutan2 baju di berbagai sudut. Setelah aku lelah mencari, aku buru2 nyari suamiku mo nanya pendapatnya. Dengan girang, aku tunjukkin.. Suamiku memandang aneh ke arah kedua baju itu dan kasih komentar dengan nada kalemnya dan berkata "norak"..

Jeb jeb jeb.. sebel banget deh rasanya. Uugh.. dia ga tau perjuangan istrinya bertarung ma ibu2 untuk mendapatkan baju itu ampe kringetan. Aku tetep menenteng baju2 itu, ga rela ngelepasin. Waktu aku uda menjauh dari keranjang tadi, diam2 aku pandangi kembali bajunya dan ternyata beneran N.O.R.A.K.!! Hwakakak.. Untung ga jadi beli. Aku malu sendiri, kontan aku cemplungin baju2 tadi ke keranjang tempatnya berasal. Sayup2 aku dengar suara cekikikan sang setan yang menclok di pinggir keranjang sedang menertawai kebodohanku. Aargh.. dasar ni setan diskon.. hampir aja aku kena tipu dayamu..

0 komentar:

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP