Doraemon, Si Tukang Setrika-ku..

>> 5 Agustus 2010

Semua orang punya kelemahan, dan salah satu kelemahan terbesarku sebagai istri rumah tangga adalah aku benar2-amat-sangat-tidak-suka-samasekali dengan pekerjaan yang namanya nyetrika. Yup, bener banget me-nye-tri-ka.. Dari kecil sampai sekarang, kerjaan rumah yang satu ini emang selalu jadi momok yang menakutkan buat aku.

Buat yang baca mungkin terheran2 nyetrika aja kok diributin sih, tinggal gosok2..sret sret sret..selesai.. Uugh, seandainya aja nyetrika semudah itu, mungkin postingan kali ini juga ga bakal eksis. Menurutku, nyetrika itu sama ribetnya dengan upacara minum teh ala China ato Jepang.. Qt harus membalik pakaian2 yang sudah diambil dari jemuran, nyemprotin pewangi pakaian, mule gosok baju bagian kerah, depan belakang sana sini sampe licin seluruhnya dan akhirnya mengancingkan baju satu persatu jika itu adalah hem yang digantung dan melipatnya dengan rapih untuk kaos2 dan baju2 lain.. Itulah sebabnya, aku suka banget ma baju2 anti setrika, yang begitu selesai dicuci dan dijemur langsung licin.. Qeqeqe..

Tapi bukan itu yang bikin aku aga alergi dengan nyetrika, aku ga suka hawa yang menjadi panas dan kadang2 mengundang keringat berjatuhan ketika nyetrika meskipun uda pake kipas angin guedhe buat ngademin badanku. Aku juga ga suka kalo setrikaan ga licin, makanya selalu bikin senewen kalo ketemu baju yang bahannya emang susah disetrika..kucel bikin sebel karena berarti untuk nyetrika 1 baju itu menuntut waktu yang lebih lama. Belum lagi pegel2, itulah kalo dasarnya uda ga suka jadi pas ngerjainnya bikin otot2 ikut berontak. Dan yang pasti nyetrika juga ngebosenin, karena kalo ga konsen bisa2 baju jadi gosong ato malah tangan qt yang kena panasnya strikaan. Ouch!

Dari sebelum merit ma suami, aku uda bilang ma dia kalo aku bakal rajin dan sukarela ngerjain semua pekerjaan rumah tangga kaya nyuci, nyapu, ngepel, masak, bersih2, dsb tapi khusus nyetrika aku agak2 fobia jadi ntar abis merit ga usah kaget kalo setrikaan bakal menumpuk dirumah kami. Dan ternyata benar2 jadi kenyataan. Wakakak..

Alhamdulillah, suami ga pernah komplen dengan kebiasaan buruk nunda2 nyetrika yang masih kubina sampe sekarang. Sulit banget ngilanginnya.. Bahkan aku baca panduan istri solehah, disitu disinggung tentang istri solehah harus rajin nyetrika. Huhuhuu.. aku jadi tersindir.. Tapi cuma bentar si ngefeknya, abis itu aku kembali ke my old habit.. Fufufuu.. Suami sering nawarin gimana kalo qt panggil orang buat bantu nyetrikain, aku tergiur dengan tawarannya tapi hati nuraniku selalu menolak karena aku ngerasa aku seharusnya bisa nyelesein kerjaan ini tanpa harus menambah pengeluaran rumah tangga, asalkan aku bisa melawan rasa MALAS..

And here I am, menghadapi gunungan baju yang sudah menjerit2 minta dipenuhi haknya untuk diluruskan. Kadang aku suka ngayal, coba diciptakan alat buat nyetrika secara instan, ga pake capek. Bahkan sampe terpikir beli setrika uap (yang bentuknya mirip vacuum cleaner kecil) kaya yg dipake SPG-SPG (Sales Promotion Girl) di mall2 buat nyetrika baju yang ngegantung di hanger. Tapi ternyata, alat itu ga selalu bikin semua baju licin. Baju2 dengan bahan tertentu aja, dan yang pasti watt-nya gede boo’. Bisa2 tiap nyetrika, listrik dirumahku ini langsung byar pet..

Hmm.. gimana kalo ada alat dimana qt bisa mencelupkan baju2 kumel yang uda dicuci ke dalamnya, dan begitu keluar dari situ.. criiing, licin dan wangi?? Ga disangka2, di TV aku pernah ngeliat iklan tentang alat yang mirip ma imajinasiku. Waah, ternyata di dunia ini yang ga demen nyetrika ga cuma aku seorang diri. Pucuk dicinta ulam tiba neh.. Di saat aku pikir ada secercah harapan, aku memperhatikan dengan seksama iklan itu sampe habis. Tapi sayang sekali sodara2, harganya M.A.H.A.L.. Hiks, suami juga bilang ga yakin kalo alat gituan bisa bikin baju2 licin sekejap. Namanya juga iklan, katanya. Sejuta hiks..

Aku yang sedang takzim memandangi onggokan dalam keranjang ini tidak segera menyelesaikan tugasku, malah justru semakin mengkhayal.. Seandainya saja aku punya Doraemon, kucing ajaib nan sakti yang bisa ngabulin permintaanku, aku bakal minta dia ngeluarin “Alat Setrika Mandiri!!” (nyebutnya pake suara dubber Doraemon yang serak2 becek dan cempreng), yaitu setrikaan yang bisa kerja sendiri tanpa perlu repot meganginnya. Sayang sekali, Doraemon bilang ga ada stok barang kaya yang aku pengen, okelah gpp. Sebagai gantinya, aku minta “Alat Telepati Otak & Baju!!”.. Aku cukup ngeliatin baju2 malang itu, dan dengan kekuatan telepatiku mereka bakal beterbangan melicinkan diri dan melipat diri masing2. Setelah rapi , mereka berduyun2 ngantri masuk lemari. Ahayy, indahnya dunia..

"APPPAAAHH!!!! Masih ga ada juga??". Keterlaluan ni si Doraemon, jangan2 palsu nih. "Kantongmu bolong ya ? Kok dari tadi aku minta ga ada yang keluar satupun ??". Si kucing biru ini cuma bilang, "Abis kamu mintanya yang aneh2 siiy", sambil ngunyah dorayaki. Grrrrh, gemes deh, rasanya pengen kukempesin perut buncitnya.

Yawda, gini aja deh.. Aku minta pintu kemana aja, aku pengen tiap kali setrikaan numpuk, aku langsung ke masa depan dimana setrikaannya uda beres, jadi aku ga perlu ngalamin panas dan lelahnya nyetrika. Fast forward gichuu.. Oke, kata Doraemon "Pintu Kemana Sajaa !!" Aku girang banget, hampir saja aku melompat ke dalam pintu itu karena bahagia. Ketika pintu dibuka, aku ngeliat ruangan dirumahku yang sangat familier di ingatan. Segera aku menyalakan televisi buat memastikan. Benar saja, siaran TV menayangkan film yang dijadwal tayang minggu depan. Horee, aku bener2 ke masa depan. Buru2 aku ingin melongok ke dalam kamar tempat keranjang baju berada.. Oh, aku bahagia sekali ketika membuka pintu yang sangat kukenali, dan..

Sial!
Keranjang tak berdosa itu masih disana lengkap dengan baju yang menjerit2 tadi.. Dasar kucing ga guna.. mana tu anak? Membabi buta aku mencari2nya. Dan si Doraemon pun nangkring di atas kulkas, dengan mulut penuh dorayaki dia bilang "Gimana, enak kan ke masa depan ?". "Apaan yang enak !!???", kataku murka. "Yang penting itu setrikaannya Doraemoooon , kok tetep numpuk sih?". "Lhah, gimana mo rapi pas kamu tinggal tadi kan emang belum disetrika. Di masa depan ya tetep gitu, mo ampe bulan depan, taun depan kamu ke masa depan juga tetep sama numpuknya. Cuma mungkin uda aga berdebu n ada sarang laba2nya. Makanya kalo pengen dateng ke rumah masa depan uda rapi semua, sebelum masuk ke "pintu kemana saja" selesein nyetrika dulu buu’. Situ kan ga punya pembantu. Sapa yang mo ngerjain ?", kucing sok teu ini mule nyerocos menasehatiku.

Cukup sudah, i'm a cat lover tapi aku muak dengan kucing yang ga sakti ini.. Segera aku angkat dia, dan aku ngancem bakal masukin dia ke dalem mesin cuci.. “Biarin aja kamu kempes trus keriput.. Rasakan jadi baju yang kumel. Setrika aja badanmu sendiri!". Huuh, rasanya puas banget bisa ngebales si Doraemon. Doraemon tereak2 minta ampun, apalagi waktu aku uda mo nancepin kabel mesin cucinya dia tereak.. “STOOOOPP ! Kamu minta apa aja aku turutin deh, sueeer !”. “ Beneran niyy ??” Ting..ting..ting.. otak licikku langsung bekerja.

Okelah kalo begetho, "Sekarang kamu ikut aku deh”. Doraemon hanya menurut pasrah, “Nih, setrikaannya.. ini pewanginya.. kamu setrikain semuanya sampe licin ya. Kalo sampe ada kerut -merut secuil aja, aku masukin kamu ke mesin cuci dan aku tambahin pemutih biar warnamu ga biru lagi. Gimana?”. “Ohh..Oo..oo..ke.. deh boss..”, sahut Doraemon ketakutan. Asyiik, aku punya tukang setrika.. Dan akhirnya, aku punya jalan keluar dari masalahku dan we’re all lived happily ever after, except for the poor Doraemon yang jadi kurus karena nyetrika tiap hari.. Hi3x..

Senyum2 sendiri aku menertawai kebodohanku dalam hati karena berimajinasi terlalu tinggi. Saatnya kembali ke dunia nyata, dan saatnya untuk me-nye-tri-ka.. Hgggh.. sambil menghela napas, kembali aku benamkan wajahku ke tumpukan baju segambreng ini..

0 komentar:

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP