Sudahkah Anda Bersyukur Hari Ini?

>> 7 Januari 2010

Aku abis ngobrol ma temen, ga begitu deket si tapi tiba2 dia ngajakin curhat 4 jam. Hehe.. Mungkin si Miss Curhat ini uda ga punya tempat buat menumpahkan unek2nya. Yang bikin aku terbengong2 dari awal sampe akir ceritanya semua mengandung komplen, kayanya sepanjang hidupnya penuh dengan musibah. Aku sampe ga tega dengernya, hawa negatif kaya gini bikin perutku mules.

Manusia ditakdirkan punya sifat alami berkeluh-kesah, tapi hanya segelintir orang yang mampu menghadapi dengan bersyukur. Aku juga termasuk golongan mayoritas, yang bawaannya kompleeen mulu..

Contonya gini : Aku musuhan ma kucing2 tetangga yang menjadikan samping dan depan rumahku WC pribadinya (Note : baca Kuciang Kampiang). Kebetulan emang tempatnya strategis banget, banyak pasir, di pojokan, tempatnya luas. Para kucing hobi banget kesini, tetangga2 ampe pada apal. Sehari bisa 10-12 pup spot!. Cape juga bersihinnya.. Tetangga ga ada yang mau bersihin, karena jaraknya paling deket ke dinding rumahku. Aku ngomel2 ke suamiku, suamiku cuma bilang “Sakit perut kali’ kucingnya, maem apa siy?” Aaargh.. ya meneketehe Mas..

Sebel juga nemuin tiap pagi, mana baunya menusuk banget, makan jengkol kali' tu kuciang. Kadang kalo kumat ngajakin perang, abis bersihin, aku gosokin semua aspal samping rumah, aku siram pake larutan shampo kesayanganku. Shampo! bayangin aja.. Disiram shampo baru pada nyingkir, giliran pake aer bekas cucian baju tetep aja mereka buang hajat disitu. Maunya yang mahal, uuugh..

Suamiku yang sering ngajarin aku biar nyante, “Uda biarin aja,tiap hari berantem ma kucing kan capek sendiri”. Iya juga ya.. Aku mule muter otak gimana biar aku ga terlalu senewen ngeliat pup kucing disekitar rumahku, karena mau nyekolahin kucing2 itu mustahil. Aku nanya ma suami “Kalo bersihin pup kucing dapet pahala ga si?”, suamiku cuma ketawa “Mestinya ada dong, kan mbersihin jalan umum lagian biar orang2 ga pada nginjek dan kebauan”. Aha! Akirnya aku nemu jalan yang bisa ngubah sudut pandangku.. Aku mule mikir meskipun cuma dirumah, Allah ngasi aku kesempatan dapetin pahala bermanfaat buat orang lain. Kalo aku kerja, suami kerja.. seminggu aja dibiarin, kayanya kami dan tetangga2 bakal keracunan gas metan akibat pup massal kucing2 tidak beradab itu. Wakakak.. Alhasil, berkat diriku sekarang jalanan bersih selalu. Uhuy! Ups, ga boleh sombong, xixixi..

Semua hal2 kecil jika dihadapi dengan negatif, pasti akan berakibat buruk buat qt sendiri. Kaya Miss Curhat temenku tadi, karena banyak pikiran banyak masalah jadi berpengaruh ke kesehatannya sendiri. Jadi sering sakit2an. Aku sebagai temen cuman bisa bantu ndengerin dan kasi masukan sebaiknya mulai bersyukur dengan apa yang dia uda punya selama ini. Tapi sulitnya kalo sudut pandang uda beda, masukan kaya apapun ga bisa masuk. Moga2 Tuhan bisa kasi jalan keluar yang terbaik buat dia..

Aku juga masi harus banyak belajar bersyukur.. Jadi istri rumah tangga kaya gini, juga banyak hikmahnya. Mungkin banyak yang heran sekolah tinggi2 jadinya cuma di dapur. Tapi aku ga nyesel, dulu aku produk dari seorang ibu rumah tangga. Ibuku sebelum nikah juga kerja, tapi setelah nikah berhenti kerja. Beliau bisa nyekolahin aku tinggi2 sampai aku kerja dan ketemu jodoh yang alhamdulillah banyak membawa perubahan baik buat aku. Dengan bersekolah, alhamdulillah pikiranku ga sempit2 amat. Aku ga jadi ibu2 yang nyinyir, yang curiga mulu ma suaminya. Positive thinking aja, dia lagi kerja mencari seciduk permata dan segenggam berlian. Qeqeqe..

Bahkan dengan gini, ga nyangka aku bisa belajar nge-blog dan menghadirkan cerita2ku buat kalian. Hehe.. Aku berharap ntar anakku juga bisa sekolah yang tinggi sehingga berwawasan luas. Kalo akirnya suatu hari dia memutuskan jadi ibu rumah tangga, aku justru bangga moga2 dia bisa meneruskan siklus untuk mencetak pribadi yang berkualitas. Begitu banyak pelajaran dari kehidupan sehari2 yang bisa diambil supaya qt rajin bersyukur, cuma qt yang harus nyempetin mbuka mata hati.

Sebelum nikah, pekerjaanku yang terakir mengharuskan aku dinas keluar ketemu dengan berbagai macam orang dengan berbagai kepribadian. Dari pembicaraan2 dengan mereka ,banyak banget poin2 yang bikin aku selalu berusaha bersyukur sampe sekarang. Diantaranya yang paling membekas di hatiku, waktu aku tugas ke Jawa Barat pada bulan puasa tahun 2007.

Aku ketemu dengan orang dari lembaga pemerintahan, seorang bapak2 yang baik banget, terlihat sabar. Orangnya seneng mbantu orang lain dan suka cerita. Beliau agak cedal, suaranya sengau, jalannya juga pincang, tapi sama sekali ga ngurangin aktifitasnya. Sewaktu berbincang2 beliau njelasin kalo baru saja terkena stroke ringan setahun yang lalu. Ga terasa lama kami ngobrol, aku mendapat kesan bahwa bapak ini pengetahuan agamanya luas tapi tidak sombong. Akirnya, sampe juga ke cerita asal muasal penyebab stroke-nya.

Waktu itu bulan puasa juga, si Bapak bawa kerjaan lembur ke rumah. Saking asyiknya kerja, tau2 uda adzan maghrib. Istrinya uda manggil2 si Bapak untuk berbuka, si Bapak tetep asyik menekuni kerjaannya.. "Iya Bu, tanggung niy.. ntar aja bukanya !". Istrinya ngingetin berkali2, "Pak, batalin dulu puasanya, kerjanya lanjutin ntar" . Si Bapak ga mau, karena ngerasa tanggung bentar lagi selesai. Setelah kelar, barulah beliau mengambil gelas yang sudah disiapkan. Baru minum seteguk "HUUK ! Uhuh..Uhuk..Uhuk!". Si Bapak tersedak hebat banget, batuknya ga mau brenti beberapa menit. Mukanya merah padam, tenggorokannya terbakar seperti ga bisa bernafas. Semua yang dirumah panik, si Bapak dibawa ke RS. Ketika batuknya reda, siapa yang menyangka muka beliau mencong sebelah. Dari ujung kepala sampai ujung kaki sebelah kanan mati rasa. Ya Allah, si Bapak terkena stroke !

Aku ampe ngeri denger ceritanya, ga kebayang aja situasi panik dirumahnya. Si Bapak dengan santai bercerita sekaligus nasehatin aku. "Ini terjadi gara2 saya sendiri, Mbak.. Puasa itu ada batasnya, yang qt ajak puasa itu badan yang dikasi Allah, qt ga boleh seenaknya menzhalimi badan qt".

Aku terhenyak, ga nyangka hal sepele kaya gitu bisa berakibat fatal buat seseorang. Aku jadi nginget2 kayanya aku juga pernah beberapa kali nyepelein menyegerakan berbuka puasa. "Saya bersyukur sekali Mbak.. Alhamdulillah, saya masih disayang Allah, ditegur sampe saya nyadar kalo manusia itu ga boleh sombong . Bayangin aja kalo waktu itu saya langsung dicabut nyawanya, saya jadi ga ketemu Mbak deh", lanjut si Bapak dengan tawa sengau yang berderai2.

Pikiranku langsung melayang jauh, betapa banyak yang Allah berikan ke aku tapi seberapa banyak yang sudah aku syukuri ? Masya Allah, kayanya mungkin ga nyampe sepertrilyunnya. Padahal Tuhan Yang Maha Kuasa sanggup melakukan apa saja untuk membalas kesombongan makhluk-Nya. Aku langsung berdoa : "Ya Allah, terimakasih Engkau sudah mempertemukan aku dengan Bapak yang baik hati ini, terimakasih Engkau memberi kesempatan aku mengambil hikmah dari beliau.. Aku mohon jauhkan aku dari sifat sombong dan jadikan aku sebagai hamba-Mu yang yang tak pernah lupa bersyukur kepada-Mu". Amin..

Jika di tempat2 umum sering ada kaca untuk bercermin yang di bagian atasnya bertuliskan "Sudahkah Anda bercermin hari ini ?". Sejak saat itu, ketika bercermin aku seperti melihat tulisan “Sudahkah Anda bersyukur hari ini?”

7 komentar:

Unknown 3:09 PM, Januari 07, 2010  

Kadang inget bersyukur.. Tapi lebih sering lupa..hehe..
Klo lg inget, kyny jadi ga punya alasan buat mengeluh..
Ttg bersyukur, salahnya qta itu : terlalu fokus sama 'yg kurang' ato 'yg hilang'..
Padahal klo diinget2, udah banyak loh yg kita dapetin..
Contohnya gw, dulu ikut ke kantor papa liat karyawati kerjanya pd nyantai, baca tabloid, malah siang bisa mampir ke pasar..hihi.. trus dlm hati kpengennya nanti pengen kerja di PLN jg ahh.. Alhamdulillah udah dikabulkan.. Walopun ga nyantai ky yg dibayangin.. Lagian kuliah ambil jurusan teknik kimia..hihi..
Trus dulu waktu KP di Chandra Asri Cilegon, anak KP kan ga boleh ikut bus.. padahal kantornya jauuh banget di Anyer.. tiap brangkat KP, bilang ke Mimin, "enak ya Min klo ke kantor naek bus dijemput di depan rmh, ga capek naek turun angkot ky qta gini" Alhamdulillah skrg udah kesampean, malahan kerja pun dapet di Cilegon jg..hihi..pertama kali naek bus ke kantor, aku senyum2 sendiri.. Allah baik yah.. ;)
Tapi klo lg sedih karna kurang 1 aja, ato karna kehilangan sesuatu ato seseorang.. hmm, jadi lupa segalanya deh.. Emang bersyukur itu ga gampang, mkny qta dikasi 'kurang' ato 'hilang'..biar qta inget utk bersyukur..
Saling mengingatkan yaa.. ;)

mintje 3:54 PM, Januari 07, 2010  

Tp lucunya put, kadang manusia diksh "kurang" ato "hilang" bukannya sadar utk brsyukur mlh smakin menyalahkan Allah. Timbul pertanyaan "Why me?", knp mesti ak yg dpt musibah gn pdhl ak ud sholat,ud ngaji,ud gn,ud gt. Cb introspeksi diri, sholat ud khusyuk blm?, ngaji ud tartil blm?.. Kl ditanya blk gn,malu sndr d. Emg sulit menghadapi cobaan, tp asal qt yakin Allah itu ad dan slalu brsyukur apapun kondisinya, psti diksh jln keluarnya.. Cieeh,ga nyangka kata2 sebijak itu bs kluar dr otakku yg cupet. Xixixi..

Anonim 8:55 PM, Januari 09, 2010  

...barang siapa bersyukur kutambah nikmatKu barang siapa yang lalai azabKu sangat pedih...
suka liat Mario Teguh Golden Ways Liz, ada crita bgus tus, gini critanya:

mario teguh episode : the power of bersyukur

pada suatu sesi mario teguh nanya ma audience, apa yang anda cari dalam hidup ini? trus spontan ada audience yg ngejawab: "kebahagiaan Pak!" katanya, baik mari kita simak cerita berikut ini kata mario:....suatu ketika ada saepasang suami-istri (selanjutnya disebut suami istri A) sedang berjalan di tepi pematang sawah, saat itu hujan rintik-rintik, tiba-tiba lewat sepasang suami-istri lain naek honda walaupun sebenarnya yg dinaiki jupiter z he2 9selanjutnya disebut suami istri B), tiba2 istri A berkata kesuaminya pae2 enak yo klu kita punya honda walaupun keujanan tapi kan lebih cepet sampe kerumah...pae tersenyum simpul sambil mempererat gandengan tangannya..so sweeeeet. sedetik kemudian lewat mobil bak terbuka yang di dalamnya lagi2 ada sepasang suami-istri (selanjutnya disebut suami-istri C) menyalip suami-istri B, sontak istri B bergumam: mas2 coba kita punya mobil ya walaupun cman kol prutul (bak terbuka-red) tapi kan kalu ujan g' keujanan panas g' kpanasan si mas mung mesam mesem sambil trus memacu laju jupiter z-nya bak komeng di iklan. sepersepuluh detik kemudian muncul toyota altis dengan kecepatan tinggi menyalip kol prutul td dan spontan istri C berkata: busyeeeeeeet coba pah kita punya toyota altis wah sedap btul tuh, pasti nyaman di dlmnya....wuih kapan pah kita bisa tuker ma nyang kyak gituan, suami C tidak merespon, diam, tetap konsentrasi di belakang kemudi. Sedang di dlm toyota altis duduk seorang lelaki setengah baya ditemani sang sopir, ketika melewati pematang sawah sempat terlihat olehnya suami-istri A berjalan bergandengan menyusuri pematang sawah ditemani rintik hujan, "romantis sekali mereka, hah..."sambil menghela nafas panjang, andai hidupku tidak begini disibukkan dengan rutinitas kantor yang membosankan dan melelahkan, sekarang aku sedang diburu waktu karena orang tua sakit keras di kampung, istriku....entah kemana sibuk arisan, shopping dengan gerombolan sozialitanya huh...andai aku bisa seperti mereka sungguh menyenangkan hidup ini......nah dari cerita singkat ini (he2) bisa kita ambil hikmah : " kalau dalam hidup ini kita hanya mencari kebahagiaan maka kebahagiaan itu ada di luar kita, tapi kalau dalam hidup ini kta senantiasa mensyukuri apa yang ada dalam diri kita, kebahagiaan ada dalam diri kita..." so...intinya bersyukur....bersyukur dan bersyukur. menceritakan kembali apa yang diceritakan mario teguh dengan proses editing seperlunya. sukses buat liza & kel. Amin. FirzaFirzy

mintje 4:24 PM, Januari 11, 2010  

Emg rumput tetangga lbh hijau yak,hi3x.. Skr gmn crnya memupuk rumput qt spy lbh hijau dr rumput ttangga? Ad yg jual pupuknya? Kl ad,ak bli dg 5 kilo :))..

irma 11:10 AM, Januari 19, 2010  

aduh...aku kaya abis disentil nih. abis dari kemaren kerjaannya curhat yang isinya komplen mlulu ke temen2. makasih yah dah ngingetin, dah kasih aku pencerahan biar makin rajin, makin inget untuk slalu bsyukur apapun yang terjadi... kan aku gak mau jadi orang yang auranya negatip, jelek, item (kulitku dah item soalnya, hehehe..), trus yang deket aku bawaannya sakit perut. gak mauuuu......

rubbi 1:53 PM, Januari 20, 2010  

definisi bersyukur yang hakiki seperti apa ?

dan apa bersyukur sama dengan pasrah.


EX:
saya telah memiliki rumah sendiri dan lengkap dengan perabotannya, namun saya ingin memiliki sebuah villa di daerah lembang oleh karena itu saya harus bekerja keras dengan dalam mewujudkan keinginan saya.

memang semua itu tidak mudah didapat kerena perlu keringat dan keinganan yang kuat, lalu teman saya berkata syukuri saja yang ada !!melihat usaha saya untuk memiliki sebuah villa.


apakah itu yang dinamakan bersyukur, karena bagi saya tidak ???

Mintje 6:04 PM, Januari 20, 2010  

Kalo aku mikirnya, ga ada salahnya kok qt mencapai mimpi2 qt dengan berusaha. Pengen punya banyak duit ya kerja, pengen keluar negeri ya usaha cari koneksi yang bisa bawa kesana. Kaya kamu yang pengen punya villa juga ga dosa, jaman nabi dulu sahabat Rasulullah saw juga banyak yang kaya2 dengan keringat mereka sendiri.

Disini yang aku maksud bersyukur lebih ke sikap qt sehari2. Tiap hari disyukuri, masih hidup hari ini bersyukur, punya rumah bersyukur,punya duit bersyukur, dapet musibah bersyukur, dsb.

Kamu pengen punya villa kamu harus kerja keras. Selama belum ndapetin villa itu, kamu harus bersyukur masi dikasi umur buat berjuang ngeraih cita2mu. Kalo suatu saat kamu uda dapet, kamu harus lebih bersyukur lagi karena kamu dapetin yang kamu pengenin. Setelah usaha maksimal, nah disini kamu pasrah artinya nyerahin ke Tuhan. Karena gimanapun juga manusia berusaha, Tuhan yang tau yang terbaik buat qt.

Kalo ternyata Tuhan mentakdirkan kamu ga memiliki villa itu, kamu juga harus tetap bersyukur karena ga ada usaha yang sia2. Percaya aja bahwa Tuhan nyiapin hadiah yang lebih baik dari villa itu untuk kamu.

Ntar kalo uda punya villa, undang qt2 yak. Hehe..

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP