Say Cheese..!!

>> 13 Januari 2010

Acara kongkow2, reuni , jalan2 sekarang ini ga luput dari kegiatan poto2. Apalagi demam Facebook, Twitter dan jejaring sosial lainnya yang makin menyuburkan perilaku narsis manusia. Aku juga salah satu korbannya, hihi.. Maksudnya bukan korban fesbuk cuma korban narsis aja. Begitu ngliat kamera membidik wajahku yang imut, bawaannya langsung senyum simpul mati ato nyengir kuda.

Aku perhatiin dari dulu kala ampe sekarang ungkapan yang paling sering digunakan untuk memberi aba2 untuk berpose adalah “Say Cheese..!!”. Kenapa mesti “cheese”? Kayanya karena kata “cheese” yang dibaca ‘chis’ ini bisa bikin otot wajah qt ketarik dan mengukir sebentuk senyum di bibir qt.


Nah, sekarang kenapa mesti senyum? Jarang2 orang dipoto merengut, kecuali Bang Deddy Corbuzier yah.. Kalo dia mah anomali. Aku pikir karena foto itu untuk dikenang, dan orang sukanya ngenang yang baik2. Kalo qt senyum, aura qt jadi cerah.. ketangkep kamera hasilnya bikin wajah qt berseri2 bahkan tanpa bantuan blush-on, dengan senyum kadang pipi qt jadi khumairoh alias kemerah2an. Kalo hasilnya bagus, kan qt seneng ngeliatnya berulang2. Coba aja kalo hasil poto mukanya surem, auk ah gelap, langsung deh bawa ke dokter poto buat dipermak abis2an..

Senyum itu identik dengan seneng, hepi. Bahkan ada yang bilang banyak senyum bikin awet muda. Asik niy! Qt ga perlu pergi nyari mata air keabadian biar awet muda. Cukup senyum aja, murah meriah sekaligus ibadah. Sel2 kelabu di otakku langsung mengagumi betapa dahsyatnya khasiat senyum. Karena kurang kerjaan, aku jadi pengen tau kenapa orang bisa senyum.

Do you know? untuk sebuah senyum aja butuh sekitar 17 otot wajah yang ditarik. Wuih, banyak banget! Berarti kalo banyak senyum, otot muka qt olahraga dong. Dari artikel Dr.dr. Taufiq Pasiak di www.mdopost.com, aku baru tau kalo otot2 yang kerja keras ketika qt senyum ini namanya keren2, ada musculus zygomaticus major, otot yang salah satu ujungnya menempel pada tulang pipi. Ada juga musculus levator anguli oris (yang mengangkat sudut bibir), musculus angulis oris (yang melingkari bibir) dan sejumlah musculus2 lainnya. Ga nyangka deh, belibet ngomongnya. Buat aku mereka semua sama aja, termasuk golongan musculus repotus nyebutus. Wakakak..

Tapi ada juga yang bilang kalo benernya senyum itu bikin wajah berkerut. Orang ini menentang habis2an pendapat bahwa senyum atau senam muka bikin qt awet muda. Sebaliknya, latihan otot wajah lebih merupakan masalah karena hal ini justru membuat garis pada area2 tersebut terlihat lebih dalam. Alasan mengapa suntikan Botox berhasil membuat garis2 dahi dan wajah menjadi lebih mulus adalah karena Botox mencegah otot2 tersebut bergerak! Maklumlah, yang ngomong gini punya brand untuk produk kecantikan “Paula’s Choice”. Tapi anehnya di situs Bu Paula ini, terpampang jelas foto2 wajah beliau yang lagi senyum cengar-cengir. Gak takut rusak bu, botox-nya? Qeqeqe..

Yaah, apapun pendapat orang kalo buat aku senyum itu melegakan. Bikin perasaan lebih tenang, dan bisa ngeluluhin hati suamiku. Apalagi kalo aku senyum sambil gini *kedip2 mode on*. Hihihi.. Tapi kalo senyum palsu malah menjijikkan. Banyak tuh para penjilat2 yang suka senyum manis di depan bosnya, di belakang nyumpah2in..

Tapi yang paling lega kalo qt senyum adalah setelah kelar berpose, qt bisa kembali ke muka datar qt lagi. Aku denger2 ada penyakit baru yang bikin otot wajah qt ketarik ga bisa balik ampe bikin mukanya senyum terus. Mau makan, bobo, diem, nangis tetep aja senyum. Ya Allah, kasian banget yah.. Moga2 uda ada obatnya. Beruntungnya qt yang ga ngalamin seperti itu.

Aku jadi keinget tokoh Joker dalam cerita Batman di episode “Dark Knight” yang diperanin Heath Ledger. Meskipun si Heath cakep, tapi kalo uda mukanya di cat putih digincuin warna merah burem ditambah eye shadow gelap plus mimik yang senyum lebar terus, kayanya malah jadi mengerikan.

Pas lagi nyari2 gambar karakter The Joker, aku malah nemu gambar lain di www.weeklywoldnews.com. Poster anti-Presiden Barrack Obama yang digambarin jadi Joker. Katanya sekitar bulan Juli-Agustus taun kemarin heboh ada yang diem2 nyebar poster2 ini di tiang2 dan dinding2 kota Los Angeles. Ga ada pihak yang ngaku bertanggungjawab, malah makin merajalela. Ga ada yang tau maksudnya apaan, ada yang bilang kebijakan2 Obama dianggap sosialis sedangkan dia sendiri mengklaim dirinya berpandangan liberal. Maka ini dianggap “joke” buat sebagian orang Amerika.


Hmm.. Ngomong2 gimana ya kalo someday senyum itu ditarikin bayaran? Satu senyum = 500 rupiah! Repot banget, qt mesti bawa gembolan uang receh tuh kemana2. Mungkin juga bakal ada joki senyum, diwakilin ma orang biar qt ga usah bayar. Hehe.. Ato kalo uda parah banget, gimana kalo senyum uda diharamkan? Sekarang kan dikit2 haram. Mungkin aja saking banyaknya senyum para penggoda iman, MUI langsung ngeluarin fatwa haram buat sebuah senyum. Walah2! Kayanya kalo beneran dilarang, semua fotografer yang sedang membidik objek fotonya bakal kasi aba2 : “Katakan, kejuuu..!!”

0 komentar:

Posting Ter-Gress

Komentar Ter-Gress

Kategori

binatang (3) ga penting (15) imajinasi (4) lucu2-an (6) renungan (14) resensi (6) tegang (2) tips (4)

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP